PT Plantindo Agro Subur (PAS) bersama unsur TNI-Polri dan pemerintah daerah melakukan giat patroli dan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Giat kita lakukan di desa-desa sekitar PT PAS, yang berada di Kecamatan Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel)," kata SHE Officer PT PAS Andre, di Candi Laras Utara, Rabu.

Dijelaskan Andre, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya sebagai bentuk sinergitas dari perusahaan dengan unsur muspika, TNI-Polri dan pemerintah daerah, khusus nya di kecamatan Candi Laras.
 
Giat patroli dan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan karhutla PT Platindo Agro Subur, di Kecamatan Candi Laras Utara, Tapin, Kalimantan Selatan, Rabu (31/5/2023). (ANTARA/HO-HUMAS PT PAS)


Baca juga: PT Plantindo Agro Subur buka bersama, tebar kebahagiaan dengan silaturrahmi

Hal ini dilakukan bersama-sama dengan stakeholder untuk mencapai satu tujuan, mewujudkan Kabupaten Tapin tanpa asap serta karhutla.

"Dalam kesempatan ini kita juga sosialisasikan tentang bahaya asap, jika terjadi kebakaran yang dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, juga kerusakan lingkungan yang diakibatkan kebakaran," ujar Andre.

Selain patroli dan sosialisasi yang dilakukan hari ini, menurut Andre sebagai usaha pencegahan dan penanggulangan karhutla, PT PAS  juga menjaga ketersediaan air guna pencegahan terjadinya karhutla.
 
Giat patroli dan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan karhutla PT Platindo Agro Subur, di Kecamatan Candi Laras Utara, Tapin, Kalimantan Selatan, Rabu (31/5/2023). (ANTARA/HO-HUMAS PT PAS)


Baca juga: PT PAS serahkan bonus empat desa binaan bebas api

Di batas-batas terluar tanggul juga disediakan saluran air, seperti parit atau kanal yang berfungsi untuk sekat api dari luar, serta embung air untuk menjaga kesediaan pasokan air jika sumber air mulai berkurang.

"Perintisan jalur akses patroli pada hutan Galam juga telah dilaksanakan, pemasangan spanduk imbauan karhutla, termasuk juga pemenuhan sarana prasarana karhutla," tandas Andre.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023