Jamaah calon haji kloter 1 Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dari Kabupaten Banjar telah memasuki asrama haji di Kota Banjarbaru, Ahad, sekitar pukul 11.00 Wita.
 
Setelah masuk asrama haji, para jamaah calon haji kloter 1 yang berjumlah 328 orang dengan petugas haji tersebut langsung menerima dokumen, living cost, gelang identitas dan cek kesehatan.
 
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin di asrama haji di Kota Banjarbaru, Ahad, menyampaikan, sejauh ini penerimaan kloter 1 jamaah calon haji berjalan lancar.
 
"Memang tadi saya temui ada sebanyak tujuh jamaah calon haji yang harus dibantu kursi roda," ujarnya.
 
Menurut dia, para jamaah calon haji yang menggunakan kursi roda ini mendapat pelayanan maksimal dari petugas sejak di asrama haji, di pesawat hingga di tanah suci nantinya, sebab pelaksanaan ibadah haji tahun ini bertema "ramah lansia".
 
Dikatakan dia, kloter 1 akan diterbangkan dengan maskapai Garuda Indonesia pada 29 Mei 2023 sekitar pukul 13.50 WITA dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin.
 
"Mereka dijadwalkan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah, Arab Saudi, pada Senin pukul 21.10 waktu Arab Saudi," papar Tambrin.
 
Jamaah calon haji kloter 1 Embarkasi Banjarmasin ini, ungkap dia, didampingi lima petugas, yakni satu ketua kloter, satu pembimbing ibadah haji, satu dokter dan dua perawat.
 
Tambrin pun menyampaikan bahwa keberangkatan haji Embarkasi Banjarmasin ke tanah suci Mekkah dan Madinah Arab Saudi dimulai pada 28 Mei hingga 22 Juni 2023.
 
Menurut dia, Embarkasi Banjarmasin pada tahun ini memberangkatkan sebanyak 17 kloter, yang merupakan gabungan jamaah calon haji dari Kalsel dan Kalimantan Tengah (Kalteng).
 
Adapun jumlah jamaah calon haji yang diberangkatkan dari dua provinsi tersebut sebanyak 5.430 orang, dengan rincian dari Kalsel sebanyak 3.818 orang dan dari Kalteng 1.590 orang.
 
Dia pun menyampaikan, untuk total jamaah calon haji Kalsel yang berusia di atas 82 tahun atau jamaah lanjut usia sebanyak 191 orang.
 
"Tahun ini jamaah calon haji tertua itu berusia 99 tahun dari Kota Banjarbaru dan termuda berusia 18 tahun dari Kota Banjarmasin," demikian kata Tambrin.
Jamaah calon haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin masuk asrama haji pada Ahad (28/5/2023). (ANTARA/Sukarli)
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023