Kegiatan wisata religi juga memaknai studi komparasi atau kaji tiru Sekretariat DPRD (Setwan) Kalimantan Selatan (Kalsel) ke DPR RI di Jakarta, 25 - 27 Mei 2023.

"Dengan wisata religi kita berharap hasil kaji tiru bisa membuahkan hasil maksimal serta mendapatkan berkah Allah SWT berkat menziarahi makam-makam Aula Nya," ujar staf Humas Setwan Kalsel Sarkani dan M. Ricky Herald di sela-sela ziarah di Jakarta, Jumat.

Sebab, menurut kedua staf Humas Setwan Kalsel tersebut, bagaimana pun bagus perencanaan tanpa seizin/berkah Allah SWT hasilnya bisa tidak maksimal, bahkan terancam gagal.

Oleh karena itu, tidak salahnya berziarah ke tempat-tempat karamah (keramat) memohon petunjuk dan perlindungan Allah SWT semoga semua perencanaan berhasil den baik dan maksimal, ujar Sarkani dan Ricky.

Dalam kunjungan kerja Setwan Kalsel bersama anggota Press Room ke Jakarta, pada hari pertama langsung kaji tiru ke Biro Pemberitaan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI di "Senayan" - Gedung Wakil-wakil rakyat seluruh Indonesia.

Kemudian Kamis malam atau malam Jumat ziarah ke Masjid Keramat dan Makam Habib Luar Batang,  serta Jumat (26/5) ziarah ke makam Habib Kwitang dan Mbah Priok atau Al Imam Al Arif Billah Sayyidina Al Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad lahir di Palembang  Tahun 1727.

Dalam kunjungan ke Habib Mbah Priuk tersebut menerima rombongan ziarah dari Setwan Kalsel bersama anggota Press Room itu Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman Alaydrus di kediamannya yang merupakan zuriat ke empat almarhum.

Pada kesempatan itu Habib Ali berpesan agar juga jangan melupakan Aulia Allah sebagai penyambung risalah Rasulullah Muhammad Saw dengan harapan semoga meninggal dunia dalam keadaan husnul khatimah.

Selain itu, tidak lupa ke Tugu Monas serta shalat Jumat di Masjid Istiqlal yang merupakan ikon DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Negara.

Pada hari terakhir sebelum kembali ke Banjarmasin rombongan kaji tiru yang dipimpin Sekretaris DPRD (Sekwan) Kalsel Muhammad Jani menyempatkan diri wisata belanja antara lain Pasar Baru, Tanah Habang dan Thamrin City.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023