Sebanyak tujuh atlet cabang olahraga gulat Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti kejuaraan nasional pada 26--27 Mei 2023 di Provinsi Kalimantan Timur.

"Hari ini kita lepas mereka untuk mengikuti Kejurnas," ujar Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Cabang Olahraga Gulat Kalsel Rijal Hamid di Banjarmasin, Kamis.

Menurut dia, para atlet gulat junior Kalsel yang diikuti ke Kejurnas untuk mematangkan kemampuan guna mengikuti ajang nasional maupun internasional.

Adapun para atlet gulat junior Kalsel yang dikirim ke Kejurnas tersebut, kata Kasi Pengembangan Olahraga Rekreasi, Tradisional dan Layanan Khusus Dispora Kalsel tersebut, ada empat atlet putra dan tiga atlet putri.

Adapun kejuaraan yang akan mereka ikuti, yakni, U-17 kelas 49 kg bebas putra, kelas 54 kg bebas putra, kelas 60 kg bebas putra dan U- 15, kelas 58 kg bebas putra, kelas 43 kg bebas putri, kelas 49 kg bebas putri dan kelas 54 kg bebas putri.

Menurut Rijal, Kejuaraan nasional ini merupakan wadah sekaligus mengukur hasil latihan atlet gulat Kalsel agar bisa membuktikan kepada provinsi lain bahwa Kalsel adalah pencetak atlet gulat yang unggul di Indonesia. 

"Sebab pada ajang nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) cabang olahraga gulat Kalsel selalu mendulang medali emas," tuturnya.

Dia pun berharap para atlet gulat junior yang berangkat ke Kalimantan Timur mengikuti kejurnas bisa mencapai dan mendapatkan hasil yang maksimal. 

Sehingga, kata dia, regenerasi atlet gulat Kalsel terus terjaga, bahkan untuk mencetak atlet nasional.

"Mereka ini nantinya sebagai calon atlet yang mengantikan para senior nantinya di ajang nasional maupun internasional," ujarnya.



 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023