Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan Program E-Parkir mampu mencegah perilaku korupsi di lingkungan Dinas Perhubungan (Dishub), khususnya di Kota Banjarmasin.

“Program E-Parkir ini transparan dan terbuka, berapapun retribusi yang masuk ke daerah semuanya bisa kita pantau,” ucapnya saat menghadiri acara Sosialisasi dan Evaluasi Penerapan E-Parkir dan Penyampaian Peraturan Wali Kota Banjarmasin Nomor 9 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum dan Tempat Khusus Parkir di Kota Banjarmasin, Kamis.

Ibnu Sina menyebutkan Program E-Parkir merupakan sebuah solusi pengelolaan retribusi parkir secara elektronik untuk menerapkan sistem pemasukan keuangan daerah yang bersih dari korupsi.

“Kita tidak bermaksud mempersulit masyarakat, tetapi kita hadir menciptakan inovasi teknologi maju untuk mewujudkan transparansi keuangan,” katanya.

Ibnu menuturkan keberhasilan pemasukan keuangan daerah melalui retribusi parkir tidak ditentukan oleh seberapa luas lahan parkir.

Menurutnya, sistem pengelolaan yang baik dan transparan adalah faktor utama yang paling menentukan serta bermanfaat untuk pembangunan Kota Banjarmasin.

Ia menyebutkan jika keuangan daerah semakin meningkat tentu berpengaruh terhadap pertumbuhan pembangunan di berbagai sektor.

Ibnu Sina tidak menampik masih banyak kendala yang ditemukan salah satunya peralatan e-parkir sering error saat digunakan.

Menurutnya kegiatan sosialisasi dan evaluasi yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin tersebut memiliki pengaruh besar terhadap perubahan.

Ia mengatakan melalui kegiatan tersebut pihaknya akan mengetahui apa kekurangan penerapan e-parkir .

Ibnu menambahkan, peserta kegiatan sosialisasi yang merupakan para pengelola parkir di Kota Banjarmasin tersebut dapat menyampaikan secara langsung keluhan dan kendala terkait penggunaan e-parkir .

Sementara itu, Kadishub Kota Banjarmasin H Slamet Begjo mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan sektor perhubungan khususnya pelayanan sistem parkir di Banjarmasin.

“Salah satu upaya peningkatan layanan kita berikan penghargaan dan uang pembinaan kepada pengelola parkir yang taat dengan aturan,” katanya.

 

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023