Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar pendidikan politik bagi pelajar di Kecamatan Kusan Hulu.

"Kegiatan ini kami laksanakan dengan mengusung tema "Peran pemuda dalam pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah"," kata Bupati Tanah Bumbu H. M Zairullah Azhar di Batulicin Sabtu.

Dia mengatakan, pemudah harus lebih aktif untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu yang yang akan dilaksanakan pada 2024.

Keterlibatan pemuda sangat berperan penting dalam membawa Pemilu ke arah yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Sementara itu Kepala Kesbangpol Tanah Bumbu, Nahrul Fajeri mengutarakan, pendidikan politik ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih, pengembangan etika, dan budaya politik guna mengantisipasi berbagai tantangan pada Pemilu 2024.

"Oleh sebab itu, saya meminta kepada golongan muda untuk menggunakan hak pilih pada pemilu 2024 mendatang, dan juga menjaga keamanan dan ketertiban," pintanya.

Menurut Nahrul, kalangan pelajar atau pemilih pemula perlu dibekali dengan pendidikan politik karena mereka adalah calon-calon pemilih yang akan memberikan hak suaranya pada Pemilu 2024 mendatang. Selain itu, para generasi penerus bangsa ini juga merupakan calon-calon pemimpin masa depan.

Pendidikan politik bagi pemilih pemula juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang politik, demokrasi di kalangan generasi muda atau kaum milenial dalam rangka mewujudkan demokrasi yang baik sehingga partisipasi mereka menentukan pilihannya sesuai dengan hati nurani masing-masing.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023