Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan HM Sukamta mengatakan, Tanah Laut  memiliki tiga potensi usaha utama yang pastinya akan menjaga pertumbuhan ekonomi dan menjaga kesejahteraan masyarakat Tanah Laut berupa, sektor pertanian, sektor pariwisata dan kawasan industri. 

"Kita ambil contoh kopi, dari sini kita bisa meraup keuntungan yang tidak sedikit,  apalagi saat ini harga kopi sedang tinggi," ujar HM Sukamta,  saat gelaran Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Telaga Kecamatan Pelaihari yang bertempat di UPTD SD Negeri 1 Telaga Rabu, (17/5).

Menurut bupati,  pentingnya menjaga dan melestarikan potensi pertanian  di daerah  tersebut sebagai cadangan bahan pangan.

Dia juga menyampikan,  agar lahan-lahan yang ada tidak dibabas habis dan beralih fungsi menjadi komplek-komplek perumahan.

Lebih lanjut Sukamta mengemukakan, potensi yang kedua adalah pariwisata, karena pariwisata dimiliki Tanah Laut tidak pernah ada matinya untuk menarik wisatawan lokal maupun asing untuk berkunjung ke Bumi Tuntung Pandang.

Apalagi, jelas dia,  ditambah dengan akses jaln menuju tempat wisata sudah cukup memadai.

"Selain memiliki potensi wisata yang menjanjikan Tanah Laut  akan memiliki hotel berbintang  dibangun beberapa pekan kedepan,"jelasnya.

Kalau sudah begitu, papar dia,  tentu yang berdarmawisata ke Tanah Laut pun akan semakin banyak dan tentunya akan menguntungkan para pelaku usaha kita", tuturnya.

Ketiga, terang dia,  kawasan industri di  kawasan industri jorong menjanjikan bagi perekonomian warga sudah mendapatkan persetujuan dari Kementerian ATR/BPN. 

Sukamta berharap, dengan keadaan Tanah Laut yang sudah luar biasa, maka masyarakat bisa bekerjasama untuk mengembangkannya. 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023