Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, terus berupaya meningkatkan kualitas SDM dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat "Bumi Bersujud" melalui koperasi.

"Sejauh ini masih ada beberapa warga yang menganggur, tidak memiliki modal untuk usaha. Oleh sebab itu melalui koperasi yang akan dibangun para alumni BLK dapat bergabung untuk menjadi anggota untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka," kata Kepala BLK Tanah Bumbu, Riza Akhyari di Batulicin Jumat

Baca juga: BLK Balangan gelar pelatihan untuk siapkan SDM terampil

Dia mengatakan, banyak keuntungan yang dapat dirasakan apabila menjadi anggota koperasi. Selain itu secara tidak langsung kita juga ikut andil dalam membangun dan mengembangkan potensi anggotanya guna meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi.
Memperkuat ketahanan ekonomi kerakyatan, meningkatkan kualitas SDM dan masyarakat secara aktif dan menyediakan kebutuhan masyarakat.

Menurutnya masih banyak persoalan yang perlu diselesaikan, salah satunya menuntaskan program pelatihan di BLK agar masyarakat benar-benar terampil dan mandiri dalam menjalankan usaha usia menerima pelatihan di BLK.

"Bagi kami tidak cukup peserta pelatihan hanya mendapatkan sertifikat keahlian. Tetapi program ini bisa di ungkit lagi agar memberikan dampak yang lebih jauh lagi yaitu memberikan ruang untuk menjadi pelaku usaha di kabupaten Tanah Bumbu," jelasnya.

Saat ini pihaknya sedang menyiapkan badan hukum berbentuk koperasi dengan model multi pihak sebagai wadah bagi alumni BLK untuk menyalurkan keahlian dan keterampilan yang didapat melalui jalur wira usaha agar alumni bisa mengembangkan potensi dari ilmu yang di dapat selama belajar di BLK.

"Rencana pendirian koperasi bagi alumni BLK sudah tepat sebagai wadah untuk membantu aktualisasi bagi para alumni di sektor ekonomi, karena para alumni BLK memiliki potensi yang cukup besar karena mereka memiliki keahlian di bidang masing-masing.," terang Akhyari.

Baca juga: BLK dan RIK berkolaborasi bina warga Lapas Batulicin

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023