Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepala Dinas Perhubungan, Komonukasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Banjarmasin Kasman menyatakan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap semua bus akutan mudik bagi penumpang lebaran Idul Fitri 1437 H.

Menurut dia, saat berada di Balaikota Banjarmasin, Jumat, semua angkutan bus yang ada di terminal Kilometer 6 Banjarmasin sudah dilakukan pemeriksaan dan hasilnya sejauh ini semuanya layak.

Diungkapkan Kasman, untuk armada yang akan melayani keberangkatan penumpang jurusan Antarkota Antarprovinsi (AKAP) yang tersedia sebanyak 40 unit, sedangkan jurusan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) sebanyak 600 unit.

"Untuk memastikan kesiapan para armada ini, maka jauh-jauh hari sudah kita priksa kelayakannya, dan nanti bisa kita lakukan lagi untuk memastikan keamanannya," tutur Kasman.

Demikian pula untuk para sopir, tegas dia, akan dilakukan juga pemeriksaan kesehatan saat mau keberangkatan nantinya, sehingga upaya untuk siaga keselamatan dapat maksimal sudah dilakukan.

"Biasanya penumpang mudik lewat terminal KM 6 ini totalnya sekitar 25 ribu orang, dan kemungkinan tahun ini tidak terlalu mengalami peningkatan," ujarnya.

Menurut dia, persiapan terminal KM 6 untuk menyambut kedatangan penumpang akan mulai dilakukan pada H-7 Hari raya Idul Fitri, di mana kebiasaannya mulai puncak kedatangan.

"Termasuk nantinya kita membangun posko-posko pemantauan dan poko kesehatan di terminal itu," ucap Kasman.

Menurut dia, terminal KM 6 saat ini kondisinya sudah sangat mempuni, di mana bagunan terminal baru sudah bisa difungsikan keseluruhannya, dan ini diharapkan bisa melayani penumpang dengan baik.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016