Kotabaru, 8/6 (Antara) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk pengadaan perpustakaan laut di daerah berjuluk "Bumi Saijaan" yang memiliki 140 pulau ini.


Wakil Ketua DPRD Kotabaru M Arif di Kotabaru, Rabu, mengatakan keberadaan perpustakaan keliling di daerah sungguh sangat diperlukan bagi masyarakat dalam turut mencerdaskan bangsa, namun kenyataannya banyak perpustakaan khususnya di daerah masih belum maksimal pengelolaanya.

"Sesuai dengan geografi Kabupaten Kotabaru yang terdiri dari pulau-pulau, sangat diperlukan keberadaan perpustakaan laut yang bisa mobile dari satu daerah (pulau) ke daerah lain," kata M Arif.

Sebab lanjut dia mengatakan jika harus membangun perpustakaan di setiap daerah, tentunya akan memerlukan biaya yang jauh lebih besar, hal itu disebabkan relatif sulitnya sarana transportasi untuk menjangkau ke daerah tersebut sehingga dipastikan biaya operasionalnya jauh lebih besar.

Diungkapkan Arif, dari hasil konsultasi dengan Badan Perpustakaan Provinsi diketahui begitu pentingnya peran perpustakaan dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat, tak terkecuali para pemimpin yang saat ini sedang menjabat hampir dipastikan waktu sekolah atau kuliah dulu mengggunakan perpustakaan mencari informasi atau rujukan penelitian.

"Tidak dipungkiri, kami-kami yang sekarang menduduki jabatan tertentu di berbagai lembaga atau instansi, termasuk saya, sewaktu kuliah hingga menjadi sarjana, magister dan bahkan doktor, dipastikan pernah memanfaatkan perpustakaan," katanya.

Untuk itu lanjut Arif, merevitalisasi perpustakaan di daerah mengembalikan peran dan fungsinya, legislatif mendesak kepada pemerintah daerah agar memprioritaskan peningkatan perpustakaan di daerah-daerah baik dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) yakni pustakawannya, maupun kelengkapan fasilitas dan penyediaan buku-buku yang lebih lengkap.

Bersamaan itu, politisi Partai PPP ini mengharapkan peran pemerintah pusat agar mengalokasikan anggaran untuk pengadaan beberapa unit kapal dengan kapasitas tertentu yang dapat difungsikan sebagai perpustakaan laut dalam melayani masyarakat Kotabaru.

"Kami sangat gembira usulan ini mendapat respon positif dari provinsi, dan mereka berjanji untuk siap membantu dan memback-up pengajuan tersebut ke pemerintah pusat,"terang Arif.

Diketahui rombongan Komisi I DPRD Kotabaru didampingi unsur pimpinan, Wakil Ketua M Arif, sesuai dengan agenda di sekretariat dewan, menjalani rapat konsultais di pemerintah provinsi yang dalam hal ini ke Badan Perpustakaan Daerah Kalsel.

Dalam pelaksanaanya, kegiatan yang berlangsung 2-4 Juni tersebut dimanfaatkan oleh Komisi I DPRD Kotabaru untuk berkonsultasi sekaligus meminta masukan kepada Badan Perpustakaan Kalsel dalam upayanya mengoptimalkan peran dan fungsi perpustakaan di daerah Kotabaru.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016