Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) raih penghargaan sebagai salah satu terbaik pengelola Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) oleh Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sekretaris Daerah (Sekda) HSS, H. Muhammad Noor menerima piagam penghargaan  tersebut yang diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi(Sekdaprov) Kalsel, Roy Rizali Anwar sebelum membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel.

"Kita bersyukur Kabupaten HSS dalam penyelenggaraan LAPOR! kembali meraih prestasi gemilang, dan mendapatkan penghargaan dari Gubernur Kalsel," kata H M Noor, dalam keterangan di sela rakerda, yang juga didaulat menjadi narasumber evaluasi pengelolaan SP4N-LAPOR! periode tahun 2022, di Banjarbaru, Selasa.

Baca juga: Pemkab HSS terbitkan larangan timbun sembako hingga nyalakan petasan

Dijelaskan M Noor, sebelumnya HSS memiliki histori prestasi dalam penyelenggaraan LAPOR!, dan masuk top 5 pada kategori instansi pemerintah dengan aspek keberlanjutan konektivitas dan dampak terbaik se-Indonesia.

Pencapaian ini tentunya tidak terlepas dari kolaborasi semua pihak, sejak tahun 2017 sampai sekarang Pemkab HSS bisa meningkatkan layanan terhadap laporan aduan masyarakat melalui SP4N-LAPOR!.

Pihaknya berharap kegiatan tersebut bisa berkelanjutan dan konsisten sesuai dari apa yang diharapkan Kementerian Dalam Negeri RI,  dalam memfungsikan SP4N-LAPOR! dalam melayani masyarakat.

"Pelayanan ini akan terus kita tingkatkan, terima kasih kepada semua OPD yang terlibat, terutama Dinas Kominfo HSS dalam mengelola SP4N-LAPOR!", ujar M Noor.

Sebelumnya, Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, mengucapkan terima kasih dan selamat atas penghargaan yang diperoleh bupati dan walikota, yang telah memberikan respon cepat terhadap keluhan masyarakat melalui berbagai media yang dimiliki pemerintah.

Baca juga: Kementerian Kominfo berikan pendampingan HSS susun masterplan smart city

Menurut Roy, capaian kinerja sistem SP4N-LAPOR! yang berjalan di Kalsel hingga saat ini tercatat sudah masuk 8.146 laporan pengaduan, di mana laporan yang telah ditindak lanjuti sebanyak 7.797 atau sebanyak 95 persen sudah berstatus selesai.

"Saya juga berterima kasih atas aksi cepat tanggap dari pemerintah kabupaten dan kota yang mampu merespon laporan dari masyarakat, dengan keseluruhan capaian penanganan di seluruh kabupaten atau capaiannya berada di atas 90 persen," ucap Roy.

Selain itu, Roy berharap kegiatan ini dapat menghasilkan pemetaan segala tantangan dan permasalahan, agar dapat dicarikan alternatif kebijakan demi terwujudnya masyarakat yang melek informasi namun bijak dalam berkomunikasi.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023