Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengikuti kegiatan penandatanganan nota kesepakatan bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika secara virtual.

Kepala Diskominfo HSS, Hj Rahmawaty, di Kandangan, Selasa, mengatakan penandatanganan ini  karena HSS termasuk dalam 50 kabupaten dan kota yang akan diberikan pendampingan penyusunan masterplan kota cerdas atau smart city tahun 2023.

"Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut setelah sebelumnya kita mengikuti penilaian Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) yang juga dilaksanakan secara virtual oleh Tim Aksesor dari Kementerian Kominfo RI," katanya, di Aula Media Center, Setda Pemkab HSS, Kandangan, Kalimantan Selatan.

Baca juga: Diskominfo HSS terima kunjugan Komisi III DPRD dan Diskominfo Batola

Dijelaskan dia, saat penilaian tersebut Pemkab HSS menjelaskan serta memaparkan kondisi penggunaan dan pengembangan TIK, dalam rangka pembangunan Smart City di HSS.

Visi misi, regulasi, serta masterplan yang telah dirancang untuk menyiapkan Smart City di HSS, diantaranya penguatan pariwisata KSPN Loksado dan persiapan daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

Di mana hal ini berhasil menarik perhatian Tim Aksesor Kementerian Kominfo RI, sehingga Pemkab HSS termasuk kedalam 50 kabupaten dan kota yang seterusnya akan mendapatkan pendampingan.

Baca juga: Diskominfo HSS gelar sosialisasi perlindungan data pribadi di era digital

"Pendampingan penyusunan masterplan Kota Cerdas (Smart City) kepada kita akan dilakukan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI, yang bekerjasama dengan beberapa kementerian lainnya pada tahun ini," katanya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda HSS, Kamidi, Sekretaris Dinas Kominfo HSS, Hj. Tatik Sri Rahayu, Kepala BKPSDM, H. Zulkifli S.Sos M.AP, perwakilan Bappelitbangda dan pejabat terkait lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023