Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Robertho Pardede mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dalam berkendara saat cuaca buruk yang belakangan kerap terjadi hujan deras padahal sebelumnya cerah.

"Cuaca saat ini tidak bisa diprediksi, makanya pengendara harus lebih hati-hati lagi saat di perjalanan terutama ketika turun hujan," kata dia di Banjarmasin, Senin.

Dijelaskan Robertho, hujan yang mengguyur menyebabkan jalan menjadi lebih licin sehingga sangat membahayakan bagi kendaraan melintas
karena bisa berakibat terjadinya kecelakaan.

Terlebih ketika melintasi genangan air akibat jalan rusak atau berlubang maka wajib lebih berhati-hati lagi.

Oleh karena itu, diingatkan agar pengendara dapat mengurangi kecepatan kendaraannya dari kondisi normal ketika jalanan basah diguyur hujan.

Robertho menyebut kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan jatuhnya korban luka hingga jiwa terus menjadi atensi Polri.

Segala upaya telah dan terus dilakukan Ditlantas Polda Kalsel dalam rangka menekan fatalitas akibat kecelakaan sehingga jatuhnya korban jiwa dan luka dapat diminimalisir.

Di samping upaya gencar Polri melakukan sosialisasi dan edukasi, tambah dia, tentunya yang lebih penting dan utama tumbuhnya kesadaran dari diri si pengendara itu sendiri untuk mengutamakan keselamatan,
sehingga lebih berhati-hati dan tertib mematuhi aturan berlalu lintas di jalan raya.

"Mari kita menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas karena satu nyawa sekalipun sangatlah berharga dan tidak ada nilainya digantikan sesuatu apapun di dunia ini," tegas alumni Akpol 1999 ini.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023