Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Komisi III bidang pembangunan dan infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan,akan memanggil Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) provinsi setempat, untuk mencek persiapan dan kesiapan angkutan lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah.


Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) yang juga membidangi perhubungan tersebut, H Bardiansyah mengemukakan itu, usai rapat internal komisinya di Banjarmasin, Selasa.

"Kita perlu mengetahui atau mencek sampai sejauhmana persiapan dan kesiapan Dishubkominfo dalam angkutan lebaran 1437 H," tuturnya menjawab Antara Kalsel.

Sebagai wakil rakyat, Komisi III DPRD Kalsel menginginkan angkutan lebaran tahun ini juga berjalan lancar sebagaimana keadaan tahun lalu.

Oleh sebab itu, perlu pengecekan secara dini mengenai persiapan dan kesiapan angkutan lebaran, baik angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP) maupun antarkota antarprovinsi (AKAP).

Begitu pula terhadap angkutan lebaran yang menggunakan jasa angkutan laut dan udara, perlu antisipasi dini kalau terjadi lonjakan calon penumpang, sehingga pada saatnya nanti semua jenis angkutan lebaran berjalan lancar.

Dalam kaitan angkutan lebaran 1437 H, Komisi III DPRD Kalsel juga akan memanggil Dinas Pekerjaan Umum (PU) provinsi setempat.

"Pertemuan dengan Dinas PU nanti, kami akan pertanyakan sampai sajauhmana penanganan jalan dan jembatan di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota ini, guna keamanan dan kelancaran angkutan lebaran," tuturnya.

Sebagai conton jalan trans Kalimantan poros tengah Kalsel di wilayah Kabupaten Balangan, kini mengalami kerusakan, terlebih dengan lindasan angkutan semen PT CONCH.

Sementara jalan trans Kalimantan ruas Balangan juga kawasan padat lalu lintas, baik AKDP sendiri maupun AKAP seperti jurusan Banjarmasin - Balikpapan - Samarinda, Kalimantan Timur, demikian Bardiansyah.

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016