Perusahaan telekomunikasi PT XL Axiata TBK (XL Axiata) mencatat Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) tertinggi peningkatan trafik penggunaan data sepanjang masa libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di wilayah Kalimantan Selatan.
 
Plt Regional Group Head XL Axiata untuk Kalimantan Horas Lubis dalam keterangan tertulis di Banjarmasin, Selasa, mengatakan di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah sepanjang libur lebaran tahun ini, trafik data meningkat sekitar 13 persen dibandingkan trafik di hari normal, hal itu terlihat dari kenaikan trafik yang terjadi di sejumlah wilayah yang selama ini menjadi tujuan rutin perjalanan masyarakat saat libur lebaran. 
 
"untuk kenaikan trafik XL Axiata secara rata-rata di wilayah Kalsel selama periode libur Lebaran 2023 terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebesar 42 persen, Hulu Sungai Utara 35 persen, Hulu Sungai Selatan 34 persen dan Kotabaru 21 persen, wilayah tujuan wisata popular seperti Manggasang dan Wisata Pagat yang biasanya mengalami kenaikan trafik signifikan, tahun ini turut mengalami kenaikan sebesar 60 persen dan 54 persen dibanding hari biasa,"kata Lubis.
Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (dua kiri) melihat table grafik saat kunjungan di pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center XL Axiata, Jakarta, Selasa (2/5/2023). ANTARA/HO-XL Axiata.

 
Horas Lubis menambahkan kenaikan trafik XL Axiata secara rata-rata di wilayah Kalteng terjadi di Kabupaten Pulang Pisau 34 persen, Barito Utara 33 persen, Murung Raya 31 persen dan Kapuas 29 persen, wilayah tujuan wisata popular Pantai Kubu Pangkalan Bun dan Teluk Sampit (Area Pantai Ujung Pandaran Sampit) yang biasanya mengalami kenaikan trafik signifikan, tahun ini turut mengalami kenaikan sebesar 64 persen dan 63 persen dibanding hari biasa.
 
"Jika dilihat berdasarkan lokasi-lokasi yang identik dengan keramaian, kenaikan trafik di area bandara yang tertinggi terjadi di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan 12 persen dan Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah 11 persen, lokasi pelabuhan dengan trafik tertinggi terjadi di Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah 46 persen,"tambahnya.
 
Selain itu Lubis membeberkan untuk area lokasi wisata, selain di Pantai Kubu Pangkalan Bun, dan Teluk Sampit Kalimantan Tengah, kenaikan trafik juga terjadi di beberapa destinasi wisata seperti Manggasang, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan 60 persen, dan Objek Wisata Pagat 54 persen.
 
"Berdasarkan kota/kabupaten, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebesar 42 persen, Hulu Sungai Utara sebesar 35 persen, Hulu Sungai Selatan sebesar 34 persen dan Kapuas sebesar 29 persen,"beber Lubis.
 
Horas Lubis mengungkapkan kenaikan trafik secara rata-rata di dua provinsi tersebut tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan libur lebaran.
 
"Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan, hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan, kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan,"ungkapnya.

Pewarta: Bayu Pratama S

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023