Objek wisata alam Pulau Mas (sekitar sembilan kilometer dari Barabai) ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan (Kalsel) ramai pengunjung pada suasana lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 M.

Pantauan Antara Kalsel dari Banjarmasin, Senin melaporkan, pengunjung objek wisata yang memanfaatkan daerah aliran sungai (DAS) Kali Benawa kawasan Pegunungan Meratus itu, sejak pagi sudah berdatangan.

Baca juga: LEBARAN - Wisatawan klotok Banjarmasin meningkat saat lebaran

Pengunjung objek wisata yang memanfaatkan potensi DAS Kali Benawa di Kecamatan Batu Benawa itu pada hari lebaran kedua (23/4/23) mencapai ribuan orang.

Pengelola objek wisata tersebut berharap pengunjung tempat rekreasi itu pada hari lebaran ketiga juga mencapai ribuan orang dengan keadaan cuaca yang mendukung seperti 23 April lalu satu hari penuh tidak turun hujan.

Objek wisata Pulau Mas di Desa Baru yang dulu bernama Waki Kecamatan Batu Benawa itu dengan pengelola warga masyarakat setempat bangkit kembali sesudah disapu bersih bencana alam banjir yang melanda hampir seluruh wilayah Kalsel Tahun 2021.
Suasana objek wisata Pulau Mas Kecamatan Batu Benawa Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalsel pada pagi hari kedua Lebaran Idul Fitri 1444 H, Senin (24/4/23) (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

Pada kawasan DAS Kali Benawa yang berhulu di Pegunungan Meratus itu terdapat sejumlah objek wisata alam antara lain "Manggasang" serta "Banyu Panas" (air panas) Tarlaga Timan Kecamatan Hantakan HST.

Selain itu, objek wisata Pulau Mas, Taman Rekreasi Pagat,  "Pulau Lampam" (Lampam nama sejenis ikan sungai), dan "Riam Bajandik" dan Goa Limbuhang Kecamatan Batu Benawa.

Baca juga: Kalsel tawarkan pariwisata alam hingga religi bagi delegasi KTT ASEAN

Kesemua objek wisata pada DAS Kali Benawa itu masih tergolong berdekatan satu-sama lainnya.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023