Rutan Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Kandangan, Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) tetap mensyaratkan sudah vaksin atau swab antigen bagi pengunjung yang datang di hari perayaan lebaran 2023.

"Kita buka kunjungan tatap muka tatap muka kepada seluruh warga binaan, baik itu tahanan maupun narapidana, dari tanggal 23 hingga 24 April 2023," Kepala Rutan Kandangan, Jeremia Leonta, di Kandangan, Minggu.

Dijelaskan Jeremia, dibukanya kunjungan lebaran tersebut dari pukul 09.00 Wita sampai 16.30 Wita, dengan jadwal dari pukul 09.00 sampai 11.30 Wita, kemudian istirahat dilanjutkan kembali pukul 15.00 hingga 16.30 Wita.

Baca juga: Warga binaan Rutan Kandangan ikuti kegiatan kepramukaan

Seluruh keluarga dari warga binaan diperbolehkan datang untuk menjenguk, dengan syarat harus sudah divaksin dibuktikan dengan kartu vaksin atau melakukan swab anti gen, kalau tidak memenuhi syarat itu tidak diperbolehkan masuk.

"Karena ini bukan keputusan kita, tapi itu keputusan dari kementerian yang menaungi lembaga kita, sebagai syarat dan pedoman protokol kesehatan yang masih kita terapkan," ucap Jeremia.

Untuk jumlah warga binaan saat ada sekitar 303 orang, dan rata-rata dari mereka mendapatkan remisi khusus lebaran, dengan remisi 15, satu bulan hingga dua bulan.

Baca juga: Kakanwil berikan penguatan pegawai Rutan Kandangan

Pemberian remisi didasarkan pada penilaian dengan asissment mempertimbangkan tingkat resiko kejahatan menurun, sepanjang warga binaan bisa berkelakuan baik tentu akan mendapatkan remisi sesuai ketentuan perundang-undangan.

"Kita berharap warga binaan kita di rutan bisa berkurang dari 300 orang, yang memenuhi syarat dibebaskan kita keluarkan segera, kalau pun ada over kapasitas terpaksa nantinya kita pindahkan ke rutan atau lapas lainnya," pungkas Jeremia.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023