PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) memberikan tips agar listrik di rumah tetap aman, meski sedang ditinggal mudik Idul Fitri. 
 
General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin melalui keterangan tertulis diterima Antara di Banjarbaru, Kamis, mudik jelang lebaran telah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga: Safari Ramadhan BUMN bersama PLN bawa berkah bagi UMKM
 
"Was-was tak jarang muncul ketika seseorang harus meninggalkan rumah sementara waktu dalam waktu yang cukup panjang sehingga perlu memastikan keamanan listrik sebelum berangkat mudik," ujarnya.
 
Menurut Joharifin, masyarakat yang berada di perantauan akan kembali ke rumah keluarga di kampung halaman merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah sehingga meninggalkan rumah dalam waktu cukup lama.
 
Berikut tips dari PLN agar listrik di rumah tetap aman meski rumah sedang ditinggalkan saat mudik Idul Fitri 1444 Hijriah atau 2023 Masehi yang bisa dilakukan pelanggan PLN di rumahnya. 
 
Tips pertama, segera cabut stop kontak alat elektronik apabila sudah tidak digunakan.
 
Kedua, khusus pelanggan pasca bayar, dianjurkan bayar tagihan listrik di awal bulan atau sebelum tanggal 20 agar lebih nyaman.

Baca juga: PLN berangkatkan 10.000 pemudik ke berbagai daerah
 
Kemudian, tips ketiga, isi token listrik bagi pelanggan prabayar sebagai cadangan, khususnya untuk penerangan.
 
Tips ke empat, cek Instalasi Listrik rumah sebelum mudik, mencegah terjadinya korsleting. Pastikan alat elektronik serta jaringan dalam instalasi rumah seperti kabel dan "fitting" lampu memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang bisa didapatkan dari hasil inspeksi Lembaga Inspeksi Teknik terdaftar.
 
Selanjutnya tips kelima, apabila listrik meteran di rumah sering jeglek atau daya listrik sudah tidak mencukupi, lakukan tambah daya via PLN Mobile menggunakan promo Terangi Ramadhan 2023.
 
Sedangkan tips terakhir, titipkan rumah ke tetangga terdekat yang tidak melakukan mudik lebaran serta lapor ke RT setempat.
 
"Momen mudik lebaran tahun ini semoga dipenuhi dengan suka cita dan pikiran tetap tenang sampai dengan pulang kembali ke rumah agar mudik tetap aman dan nyaman," kata Joharifin.
 
Ditambahkan, bagi pelanggan yang membutuhkan layanan PLN dapat mengakses aplikasi PLN Mobile di PlayStore dan App Store karena aplikasinya dirancang memudahkan pelanggan dalam urusan kelistrikan kapan dan dimana saja.
 
Baca juga: PLN galang kolaborasi teknologi hijau di tingkat global
 

 
Ilustrasi warga menyaksikan petugas PLN melakukan pengecekan meteran listrik (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023