KM Dharma Kartika IX milik armada pelayaran nasional PT Dharma Lautan Utama (DLU) mengangkut sebanyak 950 pemudik dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin ke Surabaya pada H-3 Lebaran hari ini.

"Selain penumpang, turut terangkut 126 mobil kecil hari ini," kata Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin Anton Wahyudi, Rabu.

Bagi pemudik yang belum terangkut hari ini, DLU masih menyiapkan KM Dharma Rucitra I yang nantinya berlayar ke Surabaya menjelang Lebaran.
 
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi saat meninjau KM Dharma Kartika IX yang siap berlayar membawa pemudik. (ANTARA/Firman)


Kemudian KM Dharma Kartika IX masih kembali dari Surabaya untuk nantinya berlayar lagi mengangkut pemudik dari Banjarmasin hingga di hari Lebaran nanti.

Oleh karena itu, Anton menyampaikan masyarakat tidak perlu khawatir tidak terangkut karena DLU berkomitmen memberikan pelayanan optimal dengan membuka rute pelayaran sampai hari Lebaran.

Diketahui PT Dharma Lautan Utama mengoperasikan dua kapal kapasitas total 1.261 penumpang selama arus mudik Lebaran tahun 2023 untuk rute Banjarmasin ke Surabaya, Jawa Timur.
 
Petugas PT Dharma Lautan Utama (DLU) yang melayani calon penumpang di gedung terminal Pelabuhan Trisakti. (ANTARA/Firman)


Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin memprediksi terjadi peningkatan jumlah penumpang arus mudik di Pelabuhan Trisakti sebesar 16,5 persen dari Lebaran tahun 2022.

Harga tiket kapal laut yang lebih terjangkau dibandingkan pesawat udara menjadi daya tarik masyarakat lebih memilih transportasi laut.

Apalagi layanan prima dari operator kapal seperti DLU yang mengoperasikan armada eksklusif dengan segala fasilitas terbaiknya membuat penumpang semakin mantap memilih perjalanan laut dari Banjarmasin ke Surabaya.

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023