Balangan, (Antaranews Kalsel) - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, membuka Poli Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK), untuk menangani permasalahan dalam tumbuh kembang bayi dan balita.

Kepala Puskesmas Paringin, Dr Hj Aulia A Setiawaty, di Paringin Selasa menjelaskan, dengan dibukanya  Poli DDTK tersebut, segala penyimpangan pertumbuhan perkembangan pada bayi dan balita dapat terdeteksi secara dini, sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan.

Indonesia ujar Dr Aulia, mengalami peningkatan kejadian gangguan kesehatan dan kecacatan jangka panjang terkait prematuritas.

Meliputi gangguan perkembangan seperti kesulitan belajar, autisme, gangguan pemusatan perhatian, selanjutnya gangguan nutrisi, gangguan penglihatan dan pendengaran, dampak psikososial pada keluarga, serta gangguan kardiovaskuler dimasa dewasa.

"Semua permasalahan yang ada itu sebenarnya dapat diatasi bahkan bisa dicegah jika terdeteksi secara dini," ujarnya.

Sementara itu Bidan Koordinator Puskesmas Paringin, Paini menambahkan, bahwa DDTK ini sudah lama ada, namun saja pelayanannya digabungkan dengan Poli KIA.

"Menilik pentingnya pemantauan tumbuh kembang Balita, maka Puskesmas Paringin merealisasikan untuk memiliki ruangan tersendiri Poli DDTK, dimana pelayanan akan diberikan setiah hari Selasa sampai dengan Kamis, berbarengan dengan pelayanan Imunisasi di Puskesmas," paparnya/c

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016