Pada H-6 mudik Lebaran 1444 Hijriah atau 16 April 2023, arus penumpang kapal antar pedesaan di kawasan pelabuhan pasar Kemakmuran menuju Pulau Sebuku tak ada kenaikan jumlah penumpang.

"Jumlah penumpang masih relatif sama tidak ada perubahan jumlah penumpang," kata Penjual karcis kapal, Saida di Kotabaru. Ahad.

Menurut Saida, menjelang lebaran jumlah penumpang belum ada kenaikan, ini terlihat dari jumlah penjualan tiket menuju Kecamatan Pulau Sebuku, Tanjung Mangkok, Serakaman dan Sungai Bali.

"kemungkinan ada kenaikan jumlah penumpang tiga hari menjelang hari raya," katanya

Hari biasa jumlah penumpang yang berangkat tidak menentu berkisar 15 sampai 20 orang per kapalnya.Tatal jumlah per harinya berkisar 100 penumpang.

Ia juga menjelaskan rute keberangkatan menuju kecamatan Kelumpang Selatan juga sama tidak ada kenaikan jumlah pengguna angkutan kapal.

"Kapal jurusan Desa Pantai dan Desa Pembelacanan juga masih sepi pemudik," ujar Saida

Kapal jurusan Desa Pantai tiap hari memberangkatkan dua kapal dengan jumlah penumpang antara 15 hingga 20 orang dan Desa pembelacanan memberangkatkan satu buah kapal setiap harinya dengan jumlah penumpang rata rata 10 hingga 15.

Dia juga menceritakan jumlah penumpang lebih banyak sebelum Ramadhan ketimbang jumlah penumpang selama Ramadhan. 

Saida tidak menjelaskan penyebab penurunan jumlah penumpang selama bulan Ramadhan.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023