Tim Pengendali Inflasi Daerah TPID Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mengawasi harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok di Pasar Raya Bauntung Tanjung dan Pasar Kapar Murung Pudak menjelang Lebaran atau Idul Fitri 1444 Hijriah.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong, Norzain A Yani mengatakan ketersediaan dan harga bahan pokok stabil dari hasil pemantauan secara umum.

Baca juga: Satgas pangan dan TPID Tabalong pantau harga sembako

"Kita fokus monitoring bahan pokok yang umumnya naik jelang lebaran seperti telur, daging ayam, daging sapi, beras, dan minyak goreng," jelas Norzain di Tabalong, Sabtu.

Kegiatan monitoring harga dan ketersediaan bahan pokok diikuti anggota tim Pengendali Inflasi Daerah dan para pihak lainnya.

Menjelang Idul Fitri, Norzain menuturkan biasanya permintaan masyarakat meningkat terhadap kebutuhan pokok, seperti pangan.

Selain pemantauan ke pasar, TPID setempat juga memeriksa gudang pangan untuk memastikan ketersediaan bahan pokok.

Baca juga: Dinsos Tabalong realisasikan 80 warung elektronik

Termasuk langkah antisipatif dengan mempermudah suplai jika ada keterlambatan atau keterbatasan serta memberikan jalur distributor jika terdapat kenaikan harga.

Kegiatan monitoring juga dilakukan jajaran petugas Kecamatan Kelua untuk mengetahui harga serta stok bahan pokok dan bahan penting (Bapokting) menjelang lebaran.

Camat Kelua Suwandi beserta jajaran Polsek dan Koramil Kelua monitoring ke pasar Panas di Kecamatan Kelua untuk memastikan stok bahan pokok aman hingga lebaran.

“Alhamdulillah stok bahan pokok masih mencukupi menjelang lebaran," tutur Suwandi.

Baca juga: Tabalong siapkan pasar agribisnis menjadi gerai pangan Kalsel

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023