Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Banjarmasin memastikan produk makanan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, aman untuk dikonsumsi masyarakat.

"Hari ini kita dari BBPOM Banjarmasin bersama Diskes, Disdag dan Diskominfo HSS mengunjungi minimarket, untuk melakukan pengawasan pangan rutin dalam menjamin peningkatan kualitas dan mutu produk," kata Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Muda Anna Yulisbeth Simangunsong di Kandangan, Kabupaten HSS, Jumat.

Baca juga: BPOM mengingatkan warga waspada hoaks air mineral mengandung zat besi

Anna menjelaskan dua minimarket tersebut dipilih karena beberapa alasan, seperti banyak produk yang didistribusikan, ketersediaan produk dan juga penyaluran makanan terkait UMKM, serta jumlah pengunjung.

Kemudian untuk pengecekan produk, BBPOM Banjarmasin melihat dari izin edar produk pangan, tanggal kedaluwarsa, standar mutu pangan dan sarana distribusi yang dimiliki.

Baca juga: BBPOM Banjarmasin Uji Produk Perikanan Tanah Bumbu

Perwakilan Diskes HSS, Zainuddin berharap agar masyarakat turut mendukung dalam pengawasan produk pangan yang beredar, salah satunya dengan cara melihat tanggal kedaluwarsa produk.

Sementara itu, pemilik minimarket Syarifuddin mengapresiasi BBPOM Banjarmasin yang melakukan pengawasan untuk  menjadi sarana lebih meningkatkan mutu dan kualitas produk dijual.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023