Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Realisasi transaksi selama pameran pembangunan Expo Saijaan di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, sebabesar Rp3,5 miliar naik sekitar 51 persen dari tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Kotabaru H Zainal Atifin, di Kotabaru, Jumat mengatakan, jika transaksi pada pameran pembangunan 2015 sebesar Rp2,3 miliar, maka kali ini realisasi naik sekitar 51 persen menjadi Rp3,5 miliar.

"Pameran pembangunanm Expo Saijaan dalam memeriahkan hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke-66 awalnya diikuti 485 peserta, bertambah menjadi 505 peserta dari Usaha Kecil Menengah (UKM), kuliner, satuan kerja perangkat daerah, Badan Usaha Milik Negara/Badan usaha Milik Daerah, swasta dan lembaga vertikal, serta yang lainnya," katanya.

Dikatakan, realisasi transaksi terbesar terjadi pada kelompok pengusaha kendaraan roda empat dan roda dua sekitar Rp1 miliar lebih.

Kelompok kuliner, sekitar Rp1 miliar, kelompok UKM dan yang lainnya sebesar Rp1,5 miliar lebih.

Zainal mengemukakan, awalnya pihaknya hanya menargetkasn transaksi sekitar Rp2,5 miliar dengan asusmsi jumlah 485 peserta.

Namun kenyataanya antusias instansi atau lembaga dan pelaku usaha dalam mengikuti ajang pameran tersebut cukup besar, membuat realisasi melebihi target manjdi kisaran 51 persen.

"Kedepan pemerintah berencana pameran pembangunan akan dikemas lebih baik, dengan melibatkan pihak ketiga yakni, Event Organiser (EO)," ujarnya.

Selain untuk mempromosikan hasil pembangunan dan semua potensi daerah, melalui EO tersebut dapat menjadi salah satu cara untuki mempromosikan sektor kepariwisataan di Kotabaru.

"Insya Allah moment ini akan kita sampaikan kepada publik lebih awal atau enam bulan sebelum pelaksanaanya, agar banyak pelaku usaha untuk ikut serta dalam pemran nanti," paparnya.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016