Pj. Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, R. Suria Fadliansyah mengingatkan tentang solusi untuk mengatasi banjir saat Pemerintah Kabupaten HSU melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024.

R. Suria Fadliansyah di Amuntai, Selasa, mengatakan, Musrenbang RKPD adalah forum antarpemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah. 

"Pembahasan rancangan RKPD Kabupaten dilaksanakan dalam rangka menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati program kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi," ujar R  Suria.

Suria mengatakan, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran prioritas pembangunan provinsi dan klarifikasi program kegiatan merupakan kewenangan kabupaten dengan program kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang kecamatan. 

Pj Bupati mengingatkan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam penyusunan RKPD  2024 di antaranya solusi mengatasi banjir yang setiap tahun melanda daerah Kabupaten HSU.
 
Pj Bupati HSU R Suria Fadliansyah menandatangani berita acara kegiatan Musrenbang RKPD 2024 di Aula DR KH Idham Chalid di Amuntai, Selasa (11/4/23). (ANTARA/HO -Diskominfosandi HSU))

Begitu juga upaya serius menghapus angka kemiskinan yang cukup tinggi di HSU sesuai target Presiden RI Joko Widodo untuk 2024, termasuk penurunan angka stunting.

"Penurunan kasus stunting harus dilakukan bersama," kata Suria.

Kemiskinan dan stunting tersebut, kata Pj Bupati, terkait dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terutama untuk mendongkrak indikator usia harapan hidup, rata rata lama sekolah dan pengeluaran per kapita. 

Demikian pula, lanjut Suria , inflasi yang relatif tinggi memerlukan perhatian bersama untuk mencegah dan penanggulangan apabila terjadi nanti.

Kepada aparatur pemerintah  daerah, Suria mengharapkan optimalisasi dalam pelaksanaan pelayanan dasar pada urusan pemerintahan wajib dengan berpedoman standar pelayanan minimal (SPM).

Keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur tak luput dari perhatian Pemkab HSU dengan mengupayakan  peningkatan produksi sektor pertanian, perikanan, peternakan, industri kerajinan serta usaha mikro, kecil dan menengah.

"Kurang lebih satu tahun lagi kita juga akan melaksanakan Pemilu 2024,  membutuhkan perhatian dan dukungan dari kita semua agar dapat berjalan dengan baik dan lancar," kata Suria.

Musrenbang tingkat kabupaten yang dihadiri seluruh stakeholder terkait mengusung tema "Peningkatan Kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan dengan didukung pertumbuhan ekonomi inklusif".
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023