Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi memastikan ibadah Misa Jumat Agung berlangsung tanpa gangguan pada seluruh gereja di provinsi itu.

"Laporan para Kapolres semuanya berjalan lancar tidak ada kejadian menonjol apapun yang dapat mengganggu jalannya misa di gereja hari ini," kata Andi di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Ibadah misa Jumat agung di Tapin dijaga TNI-Polri

Polda Kalsel mencatat terdapat 219 gereja yang melaksanakan Misa Jumat Agung untuk memperingati penyaliban Yesus Kristus atau disebut sebagai Hari Wafat Isa Al Masih.

Andi menyebut anggota disiagakan sejak Kamis kemarin malam hingga Jumat untuk mengamankan gereja baik secara terbuka maupun tertutup.

Bahkan, tim Gegana Brimob dan Unit K-9 Sabhara juga telah mensterilkan sejumlah gereja terutama dengan jemaat cukup banyak.

Baca juga: Kapolresta Banjarmasin tebar kebahagiaan bersama anak panti asuhan selama Ramadhan

Begitu juga ketika pada hari ketiga yang diperingati dengan Minggu Paskah nanti, Kapolda Kalsel menyatakan penjagaan juga serupa dilakukan.

Andi menegaskan Polda Kalsel memberikan rasa aman dan  nyaman bagi setiap orang menjalankan agama dan kepercayaannya secara bebas telah dijamin oleh konstitusi sehingga Polri hadir di tengah masyarakat pada setiap perayaan agama yang diakui oleh negara.

"Mari kita pupuk terus rasa toleransi dan saling menghormati agar bangsa ini bisa tentram dan damai di atas keberagaman," ucapnya.

Baca juga: Kriminal, hukum dan politik kemarin

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023