Armada pelayaran nasional PT Dharma Lautan Utama (DLU) Kantor Cabang Banjarmasin mengoperasikan dua kapal kapasitas total 1.261 penumpang selama arus mudik Lebaran tahun 2023 untuk rute ke Surabaya, Jawa Timur.

"Untuk KM Dharma Rucitra I kapasitas penumpang 663 jiwa dan 70 unit kendaraan serta KM Dharma Kartika IX kapasitas penumpang 598 jiwa dan 98 unit kendaraan," kata Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin Anton Wahyudi, Kamis.

Dia menyatakan komitmen DLU dalam mendukung kelancaran angkutan laut selama musim mudik tahun ini yang diprediksi Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 16,5 persen dari Lebaran tahun 2022.

Anton menyebut keberangkatan terakhir kapal bahkan satu hari jelang Lebaran guna mengakomodasi seluruh penumpang bisa terangkut.

Begitu juga pada saat arus balik nanti, kedatangan masyarakat dari Pulau Jawa tujuan Banjarmasin sudah bisa terangkut beberapa hari setelah Lebaran.
 
Pelayanan di Kantor DLU Cabang Banjarmasin di Jalan Yos Sudarso, Banjarmasin. (ANTARA/Firman)


Untuk penjualan tiket, DLU melayani melalui aplikasi online "DLU Ferry" untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan tiket.

Masyarakat juga bisa datang langsung ke Kantor DLU Cabang Banjarmasin di Jalan Yos Sudarso, Banjarmasin, untuk informasi dan pemesanan tiket secara langsung.

Berdasarkan website resmi DLU di kanal https://tiket.dlu.co.id/, harga tiket kapal rute Banjarmasin ke Surabaya saat ini dijual mulai Rp440 ribu kelas ekonomi hingga Rp680 ribu untuk VIP.

Anton mengimbau calon penumpang dapat memesan tiket lebih awal agar tidak kehabisan dan dapat jadwal keberangkatan sesuai keinginan saat mudik nanti melalui Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023