PT Trio Motor Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng) bekerja sama dengan Polresta Banjarmasin gencar mengkampanyekan "Cari Aman Berkendara"  di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banjarmasin.
 
"Sangat antusias siswa dan para guru MAN 1 Banjarmasin menyambut kedatangan kami," ujar Penanggung jawab Safety Riding PT Trio Motor Yoga Prabowo di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Laka lantas di Balangan tewaskan seorang pengendara motor
Yoga menyampaikan kegiatan sosialisasi keselamatan berkendara di jalan raya ini dibantu dari anggota Polresta Banjarmasin Aiptu Doni Irawan dan Bripda Vanesha Anjelina Margaretha.
 
Yoga mengungkapkan maraknya aksi "ugal-ugalan" menjadi salah satu faktor penyebab tinggi angka kecelakaan lalu lintas. 
 
Sebagai aksi afirmatif demi mengurangi pertambahan kasus, Yoga menuturkan seringkali bentuk penanganan tak cukup sebatas undang-undang lalu lintas.
 
Menurut Yoga, namun perlu dibekali pengetahuan melalui sosialisasi untuk menambah pemahaman bagi pengguna jalan. Kali ini Safety Riding bertajuk #cari_aman dilaksanakan di MAN 1 Banjarmasin.
 
"Safety Riding sudah jadi kegiatan rutin dimana kita memberikan materi keselamatan berkendara kepada sekolah-sekolah. Bilamana, pelajar menjadi salah satu golongan penyumbang pengendara motor yang jumlahnya cukup banyak," ujar Yoga.
 
Sosialisasi ini pun digelar dengan metode santai dan interaktif melalui kegiatan tanya jawab dan diselingi dengan materi yang disampaikan anggota kepolisian.

Baca juga: Psikolog bantu sosialisasi tekan angka kecelakaan lalu lintas
 
Yoga menjelaskan sikap hati-hati tidak hanya disampaikan kepada pengendara, namun penumpang yang dibonceng pun wajib mendapatkan perhatian. 
 
"Dari sini kita coba beri contoh-contoh yang sebenarnya sangat mudah dikerjakan, asalkan kepeduliannya terlebih dulu muncul. Sebenarnya safety riding itu sangat sederhana dan mudah untuk diterapkan. Sesederhana meng-klik helm dan menggunakan sarung tangan dan baju berlengan panjang" ucap Yoga.
 
Selain itu, postur berkendara yang baik dan benar, cara membawa barang dengan aman serta kewajiban untuk memiliki SIM menjadi salah satu poin yang disampaikan.
 
Dengan kampanye #Cari_aman yang terus-menerus digaungkan, PT Trio Motor ingin memberikan bukti nyata atas kepedulian terhadap ketertiban pengendara saat berlalu lintas.

Baca juga: Forum Komunikasi Lalu Lintas cari solusi konkret tekan kasus kecelakaan
Para siswa MAN 1 Banjarmasin saat mengikuti sosialisasi kampanye cari aman berkendara dari PT Trio Motor bekerja sama dengan Polresta Banjarmasin, Selasa (4/4/2023). (ANTARA/HO-PT Trio Motor Kalselteng)

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023