Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi hujan ringan hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang bisa terjadi di sejumlah wilayah kabupaten/kota di Kalimantan Selatan pada Kamis (30/3).

Situs resmi BMKG yakni https://www.bmkg.go.id menginformasikan potensi hujan sedang hingga lebat tersebut bisa terjadi pada pagi hari mulai pukul 06.25 Wita hingga pukul 08.45 Wita di Kabupaten Tanah Laut: meliputi Kecamatan Jorong, Kurau, Tambang Ulang dan Bumi Makmur, Kabupaten Banjar di wilayah Kecamatan Gambut, Sungai Tabuk, Martapura, Karang Intan, Astambul, Martapura Barat dan Martapura Timur,

Demikian pula Kabupaten Barito Kuala khususnya di Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Hulu Sungai Utara: di Danau Panggang dan Babirik (bisa meluas ke Kecamatan Sungai Pandan, Amuntai Selatan, Amuntai Tengah, Amuntai Utara, Haur Gading, Paminggir, Sungai Tabukan). Hujan juga terjadi di Kabupaten Tabalong khususnya di Kota Tanjung namun bisa meluas ke Banua Lawas, Kelua, Tanta, Haruai, Murung Pudak, Muara Uya, Muara Harus, Pugaan, Bintang Ara,  sedangkan untuk Kota Banjarbaru hujan berpotensi terjadi Landasan Ulin, Cempaka, Banjarbaru Utara, Banjarbaru Selatan dan sekitarnya.

Hujan yang terjadi pagi ini bisa meluas hingga ke wilayah Kabupaten Tanah Laut:seperti Takisung, Pelaihari, Bati Bati, Panyipatan, Kintap, Batu Ampar dan Bajuin, sedangkan untuk Kabupaten Banjar terjadi di Aluh Aluh, Kertak Hanyar, Simpang Empat, Pengaron, Aranio, Mataraman, Beruntung Baru, Sambung Makmur dan Tatah Makmur.

Selanjutnya warga Kabupaten Barito Kuala yang akan memulai pagi hari juga harus waspada hujan sedang hingga lebat khususnya di Tamban, Anjir Pasar, Anjir Muara, Alalak, Mandastana, Belawang, Mekarsari dan Jejangkit.

Wilayah Kecamatan Daha Utara di Kabupaten Hulu Sungai Selatan kemungkinan juga di guyur hujan pagi ini.

Khusus untuk Kota Banjarmasin hujan pada pagi hari kemungkinan terjadi merata di semua wilayah kecamatan.. Hujan yang terjadi di Kotamadya Banjarbaru:kemungkinan terjadi di Liang Anggang dan sekitarnya.

Melalui situs resminya, BMKG Kalsel juga menyebut potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang bisa terjadi pada siang atau sore hari  seperti di Kota Banjarmasin  meliputi Banjarmasin Selatan, Banjarmasin Barat. Untuk Kabupaten Banjar bisa terjadi di Aluh - Aluh, Tatah Makmur, Kertak Hanyar, Gambut dan Beruntung Baru.

Kabupaten Tapin khususnya untuk wilayah Tapin Tengah, Candi Laras Utara dan Candi Laras Selatan juga tak luput diguyur hujan pada siang atau sore nanti.
Demikian pula Kabupaten Barito Kuala seperti Mekar Sari, Tamban, Tabunganen, Anjir Pasar, Anjir Muara, Belawang, Rantau Badauh, Alalak, Wanaraya, Barambai, dan Cerbon

Wilayah yang dekat denga perairan Laut seperti Kabupaten Tanah Laut  juga akan diguyur hujan sedang hingga lebat khususnya di kabupaten Tambang Ulang, Kurau, Takisung, Panyipatan, Pelaihari, Batu Ampar dan Jorong. Sedangkan untuk Kota Baru hujan pada siang hingga soreterjadi di Pulau Laut Kepulauan, Pulau Laut Barat dan Pulau Laut Tanjung Selayar .

BMKG tak lupa mengeluarkan peringatan dini bagi kapal nelayan, tongkang, ferry dan kapal laut lainnya yang akan melintasi perairan Laut Jawa akan potensi terjadinya gelomban tinggi mencapai 2,5 meter.

Informasii selengkapnya mengenai prakiraan cuaca di Kalsel ini bisa masyarakat kunjungi situs BMKG di https.//www.bmkg.go.id  jika sudah masuk link ini khusus pengguna ponsel android bisa klik tiga garis melintang di atas ponsel, kemudian pilih prakiraan cuaca, prakiraan cuaca indonesia, pilih banjarmasin kemudian tersedia kotak pilihan untuk kabupaten/kota dan kecamatan.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023