Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mendorong lebih banyak anggota Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) bisa studi lanjut hingga meraih gelar akademik tertinggi Doktor (S3) Ilmu Hukum.

"Selama ini baru segelintir anggota Polda Kalsel yang sudah bertitel S3, makanya kami mendukung bisa didorong lebih banyak ke depannya dengan jalinan kerja sama antara ULM dan Polda," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Jumat.

Menurut dia, untuk titel Magister (S2) Ilmu Hukum sudah cukup signifikan jumlahnya meski belum terlalu banyak jika dinilai dari persentase anggota Polda Kalsel.

Oleh karena itu, sembari terus mengajak mereka yang sudah Sarjana (S1) Ilmu Hukum untuk menempuh S2, juga mendorong bisa studi S3 bagi yang S2.

Alim berharap ULM bisa menjadi pilihan anggota Polda Kalsel untuk studi lanjut baik S2 maupun S3 guna menjamin kualitas titel yang didapat sebagai alumni di perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik dan terbesar di Pulau Kalimantan dengan akreditasi A.

Apalagi ULM baru saja masuk klaster mandiri alias terbaik bersama 40 perguruan tinggi top Indonesia dalam klasterisasi perguruan tinggi tahun 2023 yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

"Saya sudah bertemu Pak Kapolda dan kami siap memfasilitasi perkuliahan anggota Polda Kalsel dengan menyesuaikan jadwal tugasnya sehari-hari sebagai polisi," jelasnya.

Sepakat dengan sang rektor, Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi mengaku peningkatan sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu programnya melalui pendidikan akademik yang bisa ditempuh anggotanya.

"Tentunya ULM menjadi pilihan terbaik untuk anggota Polda Kalsel yang ingin kuliah, apalagi kini ULM telah memiliki S3 Ilmu Hukum, sehingga tidak perlu lagi harus ke Pulau Jawa," kata jenderal bintang dua itu.

Diketahui ULM kini memiliki 64 Prodi S1, 24 Prodi Magister (S2) dan enam Program Doktor (S3) yakni S3 Ilmu Pertanian, S3 Studi Pembangunan, S3 Ilmu Lingkungan, S3 Ilmu Kedokteran, S3 Ilmu Hukum dan S3 Ilmu Manajemen.

Kemudian ada lagi tiga S3 yang sudah tahap pengusulan di kementerian untuk segera bisa dibuka yaitu S3 Administrasi Pendidikan, S3 Bahasa Indonesia, dan S3 Pendidikan IPS.

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023