Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui dinas perdagangan provinsi setempat intensifkan menggelar operasi pasar murah atau pasar raya untuk dua komuditas, yakni, minyak goreng dan gula pasir di 13 kabupaten/kota saat Ramadhan 1444 H atau 2023.
 
Menurut Plt Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan Dwi Ayu Mariati di Banjarmasin, Rabu, pasar murah dua komuditas itu dalam rentang 23 Maret hingga 18 April 2023 bergilir di 13 kabupaten/kota tersebut.

Baca juga: Erlian tinjau pelaksanaan Operasi Pasar Murah
 
Dinyatakan dia, pasar murah ini digelar dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadhan 1444 H atau 2023.
 
"Agar dua komuditas itu terjaga keberadaannya, tidak sulit dicari dan harganya tidak melambung," tuturnya.
 
Selain itu, ungkap Dwi Ayu, agar tidak terjadi peningkatan inflasi di Kalsel, karenanya gelar pasar murah secara intensif ini sebagai bagian menurunkan inflasi di Kalsel yang sekitar 6,11 persen.
 
Adapun besaran komuditas minyak goreng dan gula pasir yang diedarkan di setiap gelar pasar murah tersebut, yakni, minyak goreng sebanyak 2.400 liter dan gula pasir sebanyak satu ton.
 
"Harga setiap komunitas, yakni, minyak goreng dijual Rp12 ribu perliter dan gula pasir juga dijual Rp12 ribu perkilogram," tutur Dwi Ayu.

Baca juga: Disperindag Kalsel operasi minyak goreng murah untuk UMKM
 
Fokus yang lebih intensif diedarkannya dua komuditas ini di wilayah tertinggi angka inflasinya, yakni, Kota Banjarmasin, Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tabalong.
 
"Di tiga daerah ini akan diseringkan operasi pasar," tuturnya.
 
Dwi Ayu pun menyampaikan, sesuai instruksi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, operasi pasar murah terus diintensifkan untuk semua kebutuhan pokok apalagi di saat Ramadhan.
 
Sebab, ucap dia, kebutuhan masyarakat terhadap bahan pokok di saat bulan Ramadhan ini meningkat, hingga harus terus dijaga stok kebutuhan pokok dan harganya tidak sampai melambung tinggi.
 
"Ini sebagian upaya pemerintah untuk meringankan beban masyarakat yang menjalankan ibadah puasa," ujarnya.
 
Pasar murah jelang dan saat Ramadhan ini juga dilaksanakan pemerintah kabupaten/kota, diantaranya di Kota Banjarmasin digelar di kantor Kecamatan Banjarmasin Timur, Selasa kemarin.
 
Pasar murah dari Pemkot Banjarmasin itu berupa 12 ribu paket bersubsidi Rp15 ribu, yakni, dua liter minyak goreng dan dua kilogram gula pasir, dijual hanya Rp45 ribu.
 
Baca juga: Harga minyak goreng di HST di atas Rp14 ribu
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023