Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan membuka pasar murah selama Ramadhan 2023 untuk membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga murah. 

"Lokasinya di samping pasar Ramadhan di kawasan Rantau Baru," ujar Kepala Dinas Perdagangan Tapin Sugian Noor di Rantau, Selasa.

Baca juga: Disdag Tapin buka lapak gratis Pasar Ramadhan

Pasar murah di sentra publik ini, dibuka mulai pukul 14.00 WIB hingga menjelang magrib. Sedangkan, Pasar Ramadhan beroperasi sejak pukul 14.00-20.00 WITA. 

"Ada subsidi dari pemerintah untuk pasar murah ini, nilainya Rp10 ribu," ujar Sugian.

Setiap hari, Sugian mengungkapkan tersedia 200 lembar kupon. Jika, dihitung maka subsidi dari pemerintah sekitar Rp2 juta per hari. 

Ada dua alternatif yang dipakai Pemkab Tapin untuk membagikan kupon, pertama bisa didapatkan saat belanja di pasar murah dan kedua bisa didapatkan saat dibagikan oleh penyelenggara. 

"Pasar murah ini untuk merangsang masyarakat agar merapat ke Pasar Ramadhan," ucap Sugian.

Baca juga: Ibu rumah tangga serbu pasar murah di Tapin

Konsep pasar murah saat Ramadhan ini merupakan gelaran pertama diterapkan di Tapin. Ke depan, Sugian menuturkan apabila berjalan bagus akan diterapkan pada tahun berikutnya. 

"Kita harapkan dengan pasar murah ini, bisa membantu masyarakat," ungkap Sugian.

Sugian menambahkan Disperindag Kabupaten Tapin yang menyediakan produk dengan perbandingan harga di pasaran selisih Rp1.000-Rp2.000 per barang.

"Sembako kebutuhan masyarakat yang kita jual," kata Sugian.

Baca juga: Pemerintah gelar pasar murah di Tapin

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023