Mobil Toyota Altis dengan nomor polisi DA 80 Y, yang merupakan kendaraan dinas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, dibakar orang tak dikenal, Rabu dini hari, sekitar pukul 03.30 Wita.


Menurut Kapolres Balangan AKBP M Yudha Setyabudi di Paringin, ibu kota Balangan, Rabu, pihaknya telah mengamankan barang bukti yang diduga digunakan pelaku untuk melakukan pembakaran tersebut.

"Kami telah mengamankan jeriken kapasitas dua liter yang masih ada sisa bensin dan dua buah ranting tanaman singkong yang diduga digunakan pelaku untuk menyulut api," ujarnya.

Akibat peristiwa tersebut, kap mesin mobil dinas itu hangus dengan kaca serta lampu depan pecah dan meleleh.

Ia mengatakan, berdasarkan keterangan para saksi peristiwa pembakaran itu diketahui saat seorang anak korban, Hafizah, terbangun dan bermaksud pergi ke kamar kecil.

"Anak korban yang hendak ke kamar kecil terkejut melihat api berkobar dari arah pintu samping dan langsung berteriak memanggil orang tuanya," katanya.

Ketua DPRD setempat Zainuddin, yang saat itu tengah tidur di kamarnya kaget mendengar teriakkan sang anak lalu keluar dan berusaha membuka pintu samping yang terbakar itu.

Ia menambahkan, api yang membakar pintu itu membuat gagangnya panas sehingga tidak bisa dipegang untuk dibuka.

"Korban lalu berusaha memecahkan kaca jendela tetapi juga gagal. Karena itu ia hanya dapat memadamkan api dari dalam rumah sambil berteriak-teriak minta tolong hingga akhirnya warga yang mendengar berdatangan," tambahnya.

Saat warga dan korban berusaha memadamkan api yang membakar pintu samping, tiba-tiba api juga terlihat berkobar membakar mobil dinas yang di parkir di depan rumah.

Hingga saat ini pihak kepolisian setempat masih melakukan penyelidikan dan memasang garis pembatas serta berjaga-jaga di Tempat Kejadian Perkara.


Untuk penyelidikan lebih lanjut, pihak kepolisian setempat telah meminta bantuan kepada Tim Forensik dari Mapolda Banjarmasin.

Sementara itu, Bupati Sefek Effendie, Wakil Bupati H Ansharuddin dan Sekretaris Daerah Balangan telah mendatangi lokasi kejadian untuk menyampaikan simpati kepada korban./adi/B

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011