Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan mempelajari sistem pelayanan masyarakat di Kabupaten Tanah Laut.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan pada Disdukcapil HSS Muhammad Noor selaku pimpinan rombongan mengatakan kunjungan kerja yang pihaknya dilakukan itu sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Disdukcapil Tanah Laut berikan layanan terpadu terintegrasi di Desa Riam Adungan

"Kita memilih Disdukcapil Tanah Laut, karena di sini termasuk salah satu terbaik di Kalsel. Kita ingin mempelajari inovasi-inovasi yang sudah dijalankan di Disdukcapil Tanah Laut," kata Muhammad Noor, di Pelaihari, Rabu.

Noor berharap informasi yang diterima tersebut bisa diaplikasikan di daerah HSS, sehingga pelayanan bisa lebih efektif dan efisien. 

"Ke depan kita ingin meniru inovasi yang ada disini, sehingga masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan," ungkapnya.

Baca juga: Disdukcapil Tanah Laut rekam dokumen kependudukan warga binaan Rutan Kelas IIB Pelaihari
Dengan demikian, ucapnya, besar harapan pihaknya bisa menjadikan Disdukcapil HSS lebih baik pada masa mendatang.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Tanah Laut Siti Khairiah menyebutkan kunjungan kerja Disdukcapil HSS tersebut dalam rangka mencari informasi terkait inovasi Disdukcapil Tanah Laut dalam memberikan pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat. 

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Pencatatan Sipil Disdukcapil Tanah Laut Zulfahmi menambahkan rombongan Disdukcapil HSS melihat langsung kondisi pelayanan Disdukcapil Tanah Laut, sekaligus berdiskusi.

Baca juga: Warga Desa Bawah Layung terbantu layanan Disdukcapil Tala

Untuk menunjang pelayanan cepat, mudah dan bebas calo, Disdukcapil Tanah Laut menggunakan inovasi berupa aplikasi Sistem Informasi Layanan Administrasi Kependudukan Via Smartphone (Silakas) dan Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan (Simpel). 
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan pelajari sistem pelayanan Disdukcapil Kabupaten Tanah Laut, Rabu (15/3/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Tanah Laut

Pewarta: Arianto

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023