Amuntai, (Kalsel.Antaranews) -Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara menyambut baik berlanjutnya Program Kluster Anyaman purun dan ilung (Anpulung) oleh Bank Indonesia melalui kantor perwakilannya di Kalimantan Selatan.


Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Abdul Wahid di Amuntai, Kamis, mengatakan program ini mampu mendorong sektor rill dan UMKM di HSU yang banyak memiliki sektor usaha kerajinan.

"Sejak 2013 Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kalsel sudah bekerja sama dengan Pemda Hulu Sungai Utara yang bertujuan menggerakan sektor rill dan UMKM," ujar Wahid.

Wahid mengatakan, melalui program ini dilakukan peningkatan produksi dan perbaikan mekanisme pasar dalam rangka meningkatkan kesejahteraan perajin di daerah.

"Melalui program yang dilakukan BI perwakilan Kalsel seperti memfasilitasi bantuan teknis, pembinaan sisi produksi dan perbaikan mekanisme pasar, selaras dengan upaya pengendalian inflasi daerah," katanya.

Pihak BI Kantor Perwakilan Kalsel kembali menggelar kegiatan Focus Group Discusion (FGD) di Kabupaten HSU diantaranya membahas penetapan calon peserta Kluster dan calon lokasi penerapan.

Wahid berharap para perajin yang kembali dipilih untuk mengikuti Program Kluster Anpulung tahun ini bisa memanfaatkan sebaik-baiknya peluang ini dengan menjalin kerjasama dan koordinasi dengan BI dan Pemda melalui SKPD terkait.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016