Berdasarkan prakiraan cuaca yang di sampaikan oleh BMKG bahwa Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang hingga malam hari.

"Prakiraan itu akan terjadi di wilayah Pulaulaut Timur, Pulaulaut Utara, Kelumpang Selatan, Kelumpang Hulu, Kelumpang Tengah, Pulaulaut," kata Kepala Sub Bidang Kedaruratan Bencana pada BPBD Tanah Bumbu Mukhtar Halim, di Batulicin Ahad.

Dia mengatakan, prakiraan itu juga dapat meluas ke wilayah Pulaulaut Barat, Pulaulaut Selatan, Kelumpang Utara, Pamukan Selatan, Sampanahan, Hampang, Sungaidurian. Kabupaten Tanah Laut Batu Ampar, Kabupaten Banjar Aluh Aluh, Kabupaten Barito Kuala Alalak. Kabupaten Hulu Sungai Selatan Telaga Langsat, Angkinang, Daha Utara, Loksado.

Kabupaten Hulu Sungai Tengah Batu Benawa, Barabai, Batang Alai Selatan, Batang Alai Utara, Hantakan, Batang Alai Timur, Limpasu. Kabupaten Hulu Sungai Utara Amuntai Selatan, Haur Gading, Paminggir. Kabupaten Tabalong Haruai, Muara Uya, Upau, Jaro, Bintang Ara. Kabupaten Tanah Bumbu Simpang Empat, Mantewe. Kabupaten Balangan Juai, Batu Mandi, Paringin, Paringin Selatan. Kota Banjarmasin Selatan, Banjarmasin Timur, Barat, Utara, Banjarmasin Tengah, dan sekitarnya.

Menurut dia, hingga saat ini intensitas hujan di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru cukup tinggi sehingga masyarakat yang tinggal di bantaran sungai agar lebih waspada terhadap bencana banjir.

"Meskipun berada di wilayah bukan langganan banjir setiap orang harus tetap waspada dengan kemungkinan bencana banjir," ujarnya.

Sebagai langkah persiapan yang dapat dilakukan adalah, menata daerah aliran sungai dari hulu ke hilir secara terpadu sesuai dengan fungsi lahan. Membangun sistem pemantauan dan peringatan dini pada wilayah yang sering terkena banjir dan jangan membangun rumah di bantaran sungai.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023