Batulicin, (AntaranewsKalsel) - Empat orang pelajar di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengikuti ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional yang berlangsung di Palembang 14-20 Mei 2016.


"Empat pelajar tersebut berasal dari SDN 8 Kampung Baru, Kecamatan Simpang Empat dan SDN 1 Tungkaran Pangeran, Kecamatan Simpang Empat, SMPN 2 Simpang Empat dan SMPN 1 Satui," kata Kepala Dinas Pendidikan Tanah Bumbu Sartono melalui Sekretaris Abdul Latif, di Batulicin, Senin.

Dikatakan, dua siswa SD akan mengikuti OSN bidang pelajaran IPA dan pelajaran Matematika tingakta dasar.

Sedangkan dua orang siswa tingkat SMP dipersiapkan untuk mengikuti OSN bidang matematika tingkat menengah.

"Sebelum mengikuti OSN tingkat Nasional, mereka dilatih, dibimbing mata pelajaran dan diberi les privat agar lebih terampil untuk menjawab soal yang akan diujikan," tuturnya.

Mereka semua merupakan putra-putri daerah Kabupaten Tanah Bumbu yang sebelumnya juga berhasil lolos dari seleksi OSN tingkat provinsi pada 09 April 2016.

Menurutnya, OSN merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa di seluruh Indonesia. Para siswa yang diikutkan dalam ajang kompetisi tersebut adalah siswa-siswi terbaik dari provinsinya masing-masing.

Keberhasilan Tanah Bumbu untuk mengirimkan pelajar dalam ajang kompetisi tersebut diaharapkan mampu membuahkan hasil dan mengharumkan nama baik daerah.

"Setidaknya keberhasilan itu akan dapat motifasi para pelajar yang lain untuk lebih meningkatkan prestasi belajarnya," katanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016