Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) meluncurkan sebuah buku Antologi Puisi yang bertema Menatah Kata di Ranah Murakata karya para penyair yang ada di Kabupaten HST di Pendopo Bupati setempat, Kamis (9/3).

Plt Kepala Dinas Pendidikan HST Muhammad Anhar menyebutkan buku tersebut merupakan karya sebanyak 130 penulis dengan rincian 50 puisi para pelajar, 52 kategori guru dan umum dan 28 yang tulis sastrawan dengan ketebalan buku 292 halaman.

"Peluncuran buku ini merupakan bentuk perhatian pemerintah untuk tumbuh kembang seni budaya dan literasi di Kabupaten HST, mengingat dua tahun terakhir pada Aruh Sastra Kalsel, HST senantiasa menjadi juara pertama," katanya.

Selain itu menurutnya, peluncuran antologi puisi ini juga merupakan bentuk apresiasi para penulis puisi yang ada di Bumi Murakata agar semakin semangat, termotivasi dan menularkan karya-karyanya di bidang sastra.

Sedangkan Bupati HST H Aulia Oktafiandi menyebutkan, pihaknya terus senantiasa mempromosikan budaya HST dengan berbagai cara yaitu musik dan termasuk melalui antologi puisi ini.

"Diluncurkannya buku ini dengan berbagai kontribusi , kita sangat mengharapkan kearifan banua kita bisa dinikmati oleh semua kalangan yang dituangkan melalui puisi," katanya.

Dikatakannya, tujuan menjaga sebuah budaya tidak hanya memiliki buku yang disimpan saja, namun juga kita gaungkan dan ditampilkan diberbagai kegiatan dan sekarang kita sudah punya bukunya, tinggal dibaca saja lagi.

"Kami memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pelajar, masyarakat dan para penyair atas terbitnya buku ini, kami berharap tidak berhenti sampai di sini, namun dapat dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya," tutup Aulia.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023