Kampanye cari aman berkendara, yakni, program safaty riding (keselamatan berkendara) yang dilakukan PT Trio Motor bekerjasama dengan Polresta Banjarmasin masuk ke Madrasah Tsanawiyah (MTs) Noor Aini yang berada di Alalak Tengah, Banjarmasin Utara, Kalsel.
 
"Safety Riding sudah jadi kegiatan rutin di mana kita memberikan materi keselamatan berkendara kepada sekolah-sekolah. Bilamana, pelajar menjadi salah satu golongan penyumbang pengendara motor yang jumlahnya cukup banyak," ujar PIC Safety Riding dari PT Trio Motor, Yoga prabowo di Banjarmasin, Rabu.
 
Menurutnya, bersama pihak Polresta Banjarmasin diwakili Unit Kamsel, yakni, Aiptu Doni Irawan dan Bripda Vanesha Anjelina Margaretha, kampanye bertajuk #cari_aman menghampiri MTs Noor Aini.
 
Pihak Polresta Banjarmasin memberikan arahan dan juga sosialisasi agar para siswa yang masih duduk di bangku tingkat SMP sederajat tersebut belum saatnya naik membawa kendaraan sendiri, karena belum cukup usia melakukan itu.
 
Selain itu, kata Yoga, diingatkan juga saat berada atau berjalan di jalan raya agar tidak lengah, agar tidak tertimpa kecelakaan lalulintas.
 
Sosialisasi ini juga, tutur Yoga, sebagai upaya untuk mengatasi aksi ugal-ugalan anak muda di jalan raya, hingga maraknya terjadi kecelakaan.
 
Menurut Yoga, sebagai aksi afirmatif demi mengurangi pertambahan kasus, seringkali bentuk penangan tidak cukup sebatas undang-undang lalulintas saja. 
 
"Namun harus terus diingatkan semua, melalui sosialisasi ke sekolah-sekolah dan tempat lainnya, ini sebagai upaya kami membantu itu," ujar Yoga.
 
Karena masalah berkendara, khususnya kendaraan roda dua ini tidak hanya sikap hati-hati itu hanya pada pengendara depan, namun ini pula berlaku kepada pengendara yang yang dibonceng.
 
"Dari sini kita coba beri contoh-contoh yang sebenarnya sangat mudah dikerjakan, asalkan kepeduliannya terlebih dulu muncul. Sebenarnya safety riding itu sangat sederhana dan mudah untuk diterapkan. Sesederhana meng-klik helm dan menggunakan sarung tangan dan baju berlengan panjang," ujar Yoga.
 
Dengan kampanye #Cari_aman yang terus-menerus digaungkan, PT Astra Honda ingin memberikan bukti nyata atas kepedulian terhadap ketertiban pengendara saat berlalulintas.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023