Pelaihari, (Antaranews Kalsel) – Staf Ahli Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Nor Ifansyah mengatakan, lomba kelurahan merupakan kegiatan bermanfaat bagi masyarakat, terutama memberikan stimulan terhadap pembangunan kelurahan.

"Makna dari kegiatan ini adalah,  untuk memberdayakan masyarakat. Dimana pada hakikatnya merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat sebagai subjek dan objek pembangunan," ujar Staf Ahli Setdakab Tanah Laut H Nor Ifansyah, di Pelaihari, Selasa (10/5).

Melalui lomba kelurahan, dia berharap, instansi terkait terus melakukan pembinaan secara berkesinambungan sampai ke tingkat desa dan kelurahan,  terutama dalam menggerakkan pembangunan.

Kepada camat, lurah dan kepala desa, dia meminta, agar pelaksanaan lomba desa atau kelurahan ini dapat dijadikan motivasi untuk membangun lebih baik lagi.

"Lomba kelurahan dan desa tingkat Provinsi Kalsel sebagai upaya peningkatan kompetisi dan motivasi bagi aparatur kelurahan dan desa maupun masyarakat," tegasnya,

Selain itu, sebut dia, tujuan lainnya adalah, memberdayakan berbagai sektor kehidupan masyarakat kelurahan meliputi sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, Kamtibmas, partisipasi dalam bidang pemerintahan, kelembagaan masyarakat.

"Bahlan, dapat memberikan dampak terhadap perbaikan  administrasi pemerintah kelurahan dan pemberdayaan perempuan sebagai wujud dari pelaksanaan otonomi daerah," tegasnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, kelurahan yang telah terpilih untuk mewakili Tanah Laut pada Lomba Kelurahan dan Desa  tingkat Provinsi Kalsel 2016 merupakan  kelurahan atau desa terbaik dalam pemberdayaan berbagai sektor kehidupan masyarakat.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016