Seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menandatangani komitmen bersama untuk mewujudkan Satu Data  HSU.

Berdasarkan rilis yang diterima pada Rabu, sebanyak 43 SKPD, termasuk instansi vertikal, menandatangani komitmen bersama untuk mewujudkan Satu Data HSU sebagai bagian dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Untuk mencapai Satu Data yang baik perlu dukungan seluruh SKPD," ujar Pelaksana Tugas Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra H Adi Lesmana mewakili Penjabat Bupati HSU.

Adi menyampaikan, penandatangan komitmen bersama ini bisa menjadi langkah permulaan dalam membangun kerja sama antar-SKPD  untuk tujuan dimaksud.

Pengelolaan Satu Data HSU dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) HSU bertindak sebagai pembina data,  Dinas Komunikasi, Infomatika dan Persandian HSU selaku wali data serta seluruh SKPD HSU selaku produsen data.

Satu Data HSU merupakan data terpadu yang menyajikan data seluruh SKPD di Kabupaten HSU, tersedia dalam format terbuka dan mudah diakses masyarakat.
 
Kegiatan Forum Group Discusioab (FGD) dalam rangka rencana publikasi HSU dalam angka 2023 di Mess Negara Dipa Amuntai, Selasa (21/2/23). (ANTARA/HO -Diskominfosandi HSU))

Penggunaan Satu Data HSU, kata Adi, bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas Pemerintah Daerah HSU dan  mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam membangun daerah.

Ia menjelaskan alur penyelenggaraan Satu Data HSU terdiri atas beberapa rangkaian proses mulai perencanaan data, pengumpulan data, pemeriksaan data dan penyebarluasan data.

Dinas Kominfo dan Persandian  HSU selaku Wali Data berperan dalam keabsahan data tersebut dengan melakukan verifikasi data untuk selanjutnya dipublikasikan.

Penyelenggaraan Satu Data HSU ini diidasari  Peraturan Presiden  (Perppres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia yang ditindaklanjuti Pemkab HSU dengan menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) HSU Nomor 22 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Satu Data Kabupaten HSU.

Selain dihadiri pimpinan SKPD,  kegiatan diikuti pula para Kasubag Program dan Data sejumlah SKPD yang  mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) cara pengelolaan portal Satu Data HSU yang dilaksanakan sesudah acara penandatanganan komitmen bersama.

Selain itu, lanjut Adi, juga dilaksanakan Forum Group Discusioab (FGD) untuk rencana penerbitan HSU dalam angka tahun 2023.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023