Kandangan,  (AntaranewsKalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Achmad Fikry meminta agar para dokter tidak hanya memeriksa dan mengobati pasien tetapi sekaligus memberikan edukasi tentang hidup sehat.


Menurut Bupati di Kandangan Sabtu, edukasi atau pendidikan kesehatan sangat penting untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit di masyarakat dibandingkan jika harus mengobati.

"Saya harap para dokter dapat manfaatkan kesempatan memberikan tambahan tentang pendidikan kesehatan pada saat sedang memeriksa Pasien," katanya.

Menurut Bupati, pada saat memeriksa pasien ada Kesempatan bagi dokter untuk menyampaikan beberapa hal tentang kesehatan dan pentingnya menjaga pola hidup secara benar dan berimbang.

"Hal-hal sederhana bisa di sampaikan seperti jangan membuang sampah sembarangan, hindari merokok dan pola-pola hidup sehat lainnya," katanya.

Menurut Fikry, sangat penting bagi masyarakat maupun pasien memberikan kesan dan pelayanan yang baik, antara lain dengan selalu memberikan senyuman pada saat melayani.

Sebelumnya, Kamis (5/5) Bupati menerima tujuh orang dokter kontrak yang akan ditempatkan di beberapa kecamatan di kabupaten tersebut.

Menurut Bupati, HSS kini sedang memantapkan Konsep pemerintah yang melayani, terutama untuk kebutuhan dasar, seperti sandang, pangan, papan dan kesehatan, serta pendidikan.

Khusus kesehatan, tambah dia, pihaknya akan berupaya memberikan kemudahan pelayanan kesehatan dengan menempatkan tenaga kesehatan, bukan hanya di perkotaan tetapi di seluruh kecamatan bahkan desa.

Tujuh Orang Dokter yang di Kontrak oleh Pemerintah Daerah antara lain adalah Fitri Wahyuni yang akan ditempatkan di batang Kulur, Vitroski Ricel ditempatkan di simpur, Yunita Ditempatkan di Jambu.

Selain itu, Dokter Lina Rahmiati di Bamban, Goodwin Anthony Pakan di tempatkan di Angkinang, Dia Artika Sari Di tempatkan Dikandangan dan Novita Sari Di Nagara.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016