PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Persero Cabang Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menutup sementara layanan penumpang kapal tujuan Pelabuhan Garongkong Sulawesi Selatan.

"layanan ini ditutup sementara akibat KM Awu-awu yang melayani penumpang pada rute tersebut menjalani proses "docking" atau  dilakukan perawatan dan perbaikan," kata Kepala PT ASDP Persero Cabang Batulicin Yefri Hendri, di Batulicin Senin.

Dia mengatakan, proses docking diperkirakan akan rampung pada awal Maret 2023, untuk sementara waktu para calon penumpang kapal disarankan menggunakan transportasi lain selama KM Awu-awu menjalani proses docking.

Perbaikan KM Awu-awu bukan karena ada kerusakan pada mesin atau bagian lain yang dianggap fatal, hanya saja bulan ini sudah memasuki jadwal perawatan berkala, sehingga kapal itu harus dikirim pada galangan kapal untuk dilakukan pengecekan dan perawatan rutin.

"Perawatan berkala tersebut merupakan upaya PT ASDP dalam memberikan pelayanan yang terbaik terhadap calon pengguna jasa, jangan sampai calon penumpang kapal banyak yang mengeluh akibat trobel pada kapal saat dioperasikan," ujarnya.

Pihak ASDP berkomitmen, akan terus memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan visi dan misi Presiden Joko Widodo yakni "BUMN Hadir Untuk Negeri".

Hingga saat ini PT ASDP belum melakukan perubahan jadwal keberangkatan kapal atau masih tetap, yakni seminggu dua kali keberangkatan.

Keberangkatan kapal dari Batulicin-Garongkong dijadwalkan setiap Senin dan Kamis pukul 08.00 wita, sedangkan dari Garongkong-Batulicin setiap Sabtu dan Selasa pukul 08.00 wita.

"Kami berharap setelah dilakukan doking pada kapal awu-awu maka calon penumpang kapal mendapatkan kenyamanan saat melakukan pelayaran," jelas Yefri Hendri.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023