Anggota DPRD Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan Tarmidi mengajak masyarakat gemar donor darah untuk membantu ketersediaan darah yang akan disumbangkan bagi pasien yang membutuhkan.
 
"Kami mengajak masyarakat gemar donor darah karena setetes darah yang disumbangkan sangat berarti bagi yang membutuhkan," ujar Tarmidi disela aksi donor di RT24 Kelurahan Syamsudin Noor Banjarbaru, Ahad.

Baca juga: Kejari Banjarbaru gelar donor darah peringati HBA
 
Menurut politisi Partai Kebangsaan Bangsa (PKB) itu, donor darah yang digelar di lingkungan RT24 merupakan agenda rutin sejak 2015 lalu dengan tujuan memfasilitasi masyarakat untuk menyumbangkan darah.
 
Tarmidi mengatakan aksi kemanusiaan itu direspon Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarbaru yang segera menerjunkan petugas ke lokasi di Posyandu Citra Lestari Kelurahan Syamsudin Noor.
 
"Alhamdulillah, masyarakat disini banyak yang bersedia menyumbang darah. Semua menyadari, mendonor darah merupakan aksi mulia karena membantu sesama," ucap wakil rakyat asal Dapil Landasan Ulin itu.

Baca juga: Komunitas motor Banjarbaru-Banjarmasin gelar donor darah
Ketua Rukun Tetangga (RT)24 Timin menuturkan pelaksanaan donor darah berlangsung lancar dan hasil sumbangan darah yang berasal dari warga maupun pihak lain sebanyak 30 kantong darah.
 
"Donor darah disini rutin digelar setiap tiga bulan sekali dan selalu disambut baik warga yang dengan sukarela menyumbang darah, kali ini sebanyak 30 kantong darah yang disumbangkan," ujarnya.
 
Selain diikuti warga sekitar, donor darah juga mendorong salah satu wartawati bernama Putri yang ikut menyumbangkan darahnya di sela liputan dengan tujuan membantu sesama yang memerlukan darah.
 
"Awalnya takut tetapi terpanggil karena jiwa kemanusiaan sehingga ikut mendonorkan darah untuk pertama kalinya. Rasanya tidak sakit, seperti digigit semut," ujar Putri.

Baca juga: Euro Fans Club Banjarmasin-Banjarbaru giat donor darah

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023