Martapura, (Antaranews Kalsel) - Bunda PAUD Kabupaten Banjar menggelar seminar pendidikan anak diikuti Ratusan tenaga pendidik yang tergabung dalam HIMPAUDI dan para guru TK se-Kabupaten Banjar mengikuti Seminar Pendidikan Anak Usia Dini di Wisma Sultan Sulaiman Martapura, Selasa(4/5).


Seminar ini dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj. Raudatul Wardiyah Khalilurrahman, dengan nara sumber yang dilibatkan yaitu Ibu Rika Vira Zwagery, Karyono Ibnu Ahmad dan Ibu Erni Wahdin.

Hadir Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Nur Gita Tiyas Saidi Mansyur, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar H.Gt Ruspan Noor, Pengurus Ikatan Guru Taman Kanak Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Banjar, Pengurus PGRI Kabupaten Banjar, Ketua Dharma Wanita Persatuan Banjar Hj Budiarti Nasrunsyah dan para anggota PKK Kabupaten Banjar.

Hj. Raudatul Wardiyah mengatakan, atas nama Bunda PAUD Kabupaten Banjar, saya mengucapkan selamat datang kepada semua peserta Seminar Pendidikan Anak Usia Dini.

Persepsi masyarakat terhadap pendidikan anak usia dini di era modern sekarang ini semakin menjadikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai lembaga yang unik, disaat  ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat, terlepas dari berbagai problema yang dihadapi saat ini.

Pendidikan anak usia dini memiliki karakteristik khas. Para pendidik PAUD menjadi salah satu tumpuan harapan bagi manusia untuk membangun sumberdaya manusia dalam bingkai pendidikan yang unggul dan bermutu seiring dengan kemajuan peradaban teknologi  dan materi.

Kegiatan seminar yang bertemakan Gerakan Mitra yang Berkualitas melalui Pembelajaran Aku Anak Jujur, secara umum bertujuan memantapkan konsep dan strategi implementasi pendidikan anak usia dini yang unggul dan bermutu.

"Pada hari ini saya sangat gembira dan menyambut baik dilaksanakannya kegiatan seminar Pendidikan Anak Usia Dini yang mengangkat tema “ Gerakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berkualitas Dengan Pembelajaran Aku Anak Jujur,” kata

Kita ketahui bersama bahwa pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun merupakan tanggung jawab kita bersama. Pada tahun-tahun pertama kehidupan anak merupakan “masa emas” dalam meletakkan dasar-dasar tumbuh kembang anak. 

Kualitas tumbuh kembang anak pada masa ini akan menentukan kualitas kesehatan fisik, mental, emosional, sosial, kemampuan belajar dan perilakunya.

"Betapa penting pendidikan bagi anak didik khususnya sejak usia dini, usia dini sangat penting diberikan pendidikan sebagai landasan dasar,” tegasnya.

Usia dini merupakan usia emas bagi perkembangan dan proses pembelajaran berkarakter dan aplikatif untuk menunjang perkembangan otak anak.

Ruspan Noor disela sela seminar mengatakan, Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar berharap perlunya peningkatan profesionalisme para pendidik.

"Melalui kegiatan ini para pendidik PAUD dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan sistem pengajaran di lembaga PAUD-nya masing masing," ungkapnya.

Usai acara pembukaan, Hj. Raudatul Wardiyah Khalilurrahman menyerahkan sertifikat kepada para peserta seminar. (yani/fii)

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016