Jakarta, (Antaranews Kalsel) - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyelenggarakan Festival "Wonderful Indonesia" di Sydney, Australia, Minggu, untuk menjaring wisatawan negeri kanguru itu berkunjung ke Indonesia.


Festival antara lain dimeriahkan oleh penampilan penyanyi Teuku Adifitrian alias Tompi di Tombalong Green, Darling Harbour, Sydney.

Penyanyi jazz kontemporer kelahiran Lhokseumawe, Aceh, 22 September 1978 itu tampil lebih dekat dan menyapa penontonnya lebih hangat dari konser-konser sebelumnya.

"Tompi dipilih karena warna musiknya sangat disuka warga Sydney. Lewat musik inilah kami akan menyisipkan 'virus' Wonderful Indonesia," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana.

Ia berharap penyelenggaraan "Wonderful Indonesia Festival & Travel Mart" itu bisa mengejar target 1,2 juta kunjungan wisman asal Australia.

Data Kemenpar menunjukkan rata-rata kenaikan dari kunjungan wisatawan asal Australia adalah lima persen per bulan.

Pada Januari dan Februari 2016, misalnya, angkanya mencapai 700 ribuan kunjungan. Ada peningkatan 20 persen bila dibanding periode yang sama pada 2015.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menabuh gong pembukaan festival itu.

Festival dimeriahkan pula dengan parade kesenian nusantara, dari tarian Bali, tari Giring Giring Dayak, tarian Minangkabau, poco-poco, dan lainnya.

Terdapat pula tenda-tenda yang menyajikan makanan khas Indonesia seperti rendang, mie kocok, nasi uduk, nasi campur, kerupuk dan sebagainya.

"Bagus, warga Australia makin akrab dengan makanan dan kesenian Indonesia. Inilah diplomasi budaya, melalui kuliner dan seni budaya," kata Menpar Arief Yahya.*0/f

Pewarta: Budi Setiawanto

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016