Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Desa Sialing Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mendapatkan program Komunitas Adat Terpencil (KAT) 2016 dari Kementerian Sosial sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal.


Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong Yuhani di Tanjung, Jumat mengatakan, sebanyak 40 Kepala Keluarga (KK) di Desa Sialing akan mendapatkan bantuan tempat tinggal dari program KAT.

"Kementerian Sosial sudah memastikan tahun ini Kabupaten Tabalong mendapat bantuan program Komunitas Adat Terpencil di Desa Sialing," jelas Yuhani.

Sebelumnya Direktur Pemberdayaan KAT Kementerian Sosial Hasbullah saat melakukan kunjungan kerja ke `Bumi Saraba Kawa` ini menyebutkan selain Kabupaten Tabalong, ada 31 kabupaten yang mendapatkan program tersebut.

"Program KAT tahun ini kita laksanakan di 32 lokasi termasuk Desa Sialing Kecamatan Haruai dengan harapan masyarakat lokal bisa hidup menetap dan lebih sejahtera," jelas Hasbullah.

Desa Sialing sendiri berada di daerah pegunungan batu dengan panorama alam yang indah serta memiliki obyek wisata goa.

Karena itu melalui program KAT selain bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat sekaligus mempromosikan potensi alam di wilayah ini agar menjadi desa wisata di Kabupaten Tabalong.

Sebelumnya Kabupaten Tabalong menjadi lokasi studi banding para pekerja sosial dari 20 provinsi di Indonesia terkait program KAT.

Salah satu lokasi KAT di Kabupaten Tabalong, Dusun Undul Desa Bumi Makmur Kecamatan Bintang Ara dinilai cukup berhasil melaksanakan program ini menyusul adanya kerjasama lintas sektoral

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016