Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sukamta mengimbau kepada warga Tanah Laut bergotong royong membantu seorang warga Kecamatan Bati-Bati, guru Muhammad Aqli, yang terkena musibah masalah hukum di Arab Saudi dengan tuntutan dua tahun penjara dan denda 50.000 real atau sekitar Rp200 juta.

"Sebagai bentuk kepedulian kita kepada guru Muhammad Aqli asal Kecamatan Bati-Bati, mari kita bergotong royong membantu mendonasikan dana seikhlasnya untuk membayar denda yang dikenakan Pengadilan Arab Saudi," ujar Sukamta, di Pelaihari, Sabtu.

Upaya tersebut, menurut dia, untuk meringankan beban tuntutan pengadilan Pemerintah Arab Saudi sebesar Rp200 juta kepada guru Muhammad Aqli. 

Menurut dia, angka Rp200 juta kalau dilakukan secara gotong royong sangat memungkinkan cepat terkumpul melalui donasi dari warga Tanah Laut secara suka rela.

Untuk pengumpulan donasi dari warga Tanah Laut tersebut, jelas dia, Relawan Tala Jaya resmi memiliki izin dari Pemerintah Kabupaten Tanah Laut melalui Dinas Sosial.

"Relawan Tala Jaya hanya menerima donasi melalui rekening Bank Kalsel. Ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," tegasnya. 

Dia mengemukakan, penyumbang yang sudah berdonasi ke rekening milik Relawan Tala Jaya di Bank Kalsel akan diumumkan secara terbuka melalui media sosial maupun lainnya.

Selain kepada warga Tanah Laut, terang dia, pihaknya juga meminta keikhlasan pada aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Tanah Laut untuk menyumbangkan sedikit rezekinya dari tunjangan pegawainya ke rekening Relawan Tala Jaya.

"Saat ini ada sekitar 4.000 ASN di Pemkab Tanah Laut. Dari jumlah itu apabila satu ASN menyumbangkan Rp50 ribu, maka target Rp200 juta secepatnya terkumpul," tegasnya.

Kemudian, sambung Sukamta, untuk masalah hukum guru Muhammad Aqli di Pengadilan Arab Saudi sudah ditangani Kementerian Luar Mengeri melalui Konsulat Jenderal RI di Jeddah

Ketua Relawan Tala Jaya Nico Aviandi mengatakan, kalau warga ingin mendonasikan dana bisa mentransfer ke nomor rekening Bank Kalsel 0070301388553 atas nama Perkumpulan Relawan Tala Jaya.

"Kalau warga sudah mentransfer dana ke rekening tersebut, maka bisa mengkonfirmasi ke nomor telepon seluluer saya 085386701936. Kalau mau mendonasi langsung bisa ke Posko Jalan Vihara RT 21 RW 07 Kelurahan Angsau, Kecamatan Pelaihari," terangnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023