Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melakukan pencegahan penyakit kangker serviks dengan malakukan pemeriksaan dini terhadap masyarakat secara gratis.

"Dalam melakukan pencegahan dini kangker serviks, kami juga bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanah Laut untuk memberikan pelayanan dalam melakukan pemeriksaan terhadap pasien yang hendak berperiksa," kata Direktur RSUD Tanah Bumbu dr Harry di Batulicin.

Ia mengatakan, target yang dilakukan dalam pemeriksaan pada periode 2016 seluruh Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 150 orang, namum dalam realisasi penanganan mencapai 162 orang.

"Selain melakukan pemeriksaan terhadap pasien pihak medis juga memberikan sosialisasi terkait bahaya penyakit kangker serviks serta bagaimana cara malakukan pencegahan penyakit tersebut," katanya.

Dia menjelaskan, mengenali ciri-ciri kanker serviks sejak dini adalah salah satu langkah pencegahan lebih lanjut, apabila ternyata salah satu pasien sudah terlanjur mengidap penyakit kanker ini meskipun baru stadium awal cara pencegahan yang paling awal yakni selalu menjaga kesehatan tubuh, terutama di area kewanitaan.

Khususnya para wanita, salah satu penyakit jenis kanker yang satu ini adalah penyakit yang sangat ditakuti dan dihindari. Hal ini dikarenakan kanker serviks sendiri termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi para wanita di dunia.

"Kanker ini menyerang di bagian serviks atau mulut rahim, dan penyakit ini hanya bisa diderita oleh wanita saja," katanya.

Untuk diketahui penyebab penyakit kanker serviks sendiri, sebenarnya disebabkan oleh infeksi virus yang bernama Human Papilloma Virus (HPV). Akan tetapi untuk jenis virus HPV yang biasanya bisa mengakibatkan bagi para wanita yang menderita kanker servik adalah jenis virsus HPV tipe 16 dan 18.

Penyakit ini harus diwaspadai, karena ternyata virus HPV penyebab kanker servik ini bisa menyebar dan berpindah-pindah tempat dengan sangat mudah. Virus ini bisa berpindah ke tempat lain melalui perantara cairan, bahkan dengan hanya sentuhan kulit antara individu yang satu dengan yang lainnya," jelasnya.

"Selain itu faktor lain yang biasanya menjadi penyebab terinfeksinya seseorang dengan Human Papilloma Virus ini adalah WC yang jarang dibersihkan atau tidak dibersihkan dengan baik yang bisa mengakibatkan penyakit tersebut," jelasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016