Kotabaru (Antaranews Kalsel) - Kapal Republik Indonesia (KRI) Ki Hajar Dewantara 364 yang membawa 41 taruna dan taruni melakukan promosi kepada pelajar di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, untuk masuk Akademi Angkatan Laut.


"Kotabaru sangat jarang dikunjungi taruna Angkatan Laut, dan saat ini kami membawa taruna yang lebih banyak, salah satunya promosi agar masyarakat mengerti dan berminat untuk mendaftar sebagai personil Angkatan Laut," kata Pelaksana Latihan (Palaklat) Mayor M Catur Soelistyo, di Kotabaru, Rabu.

Sengaja para taruna dibawa keluar dari pangkalan dengan tujuan mereka bisa belajar di alam yang sebenarnya pada siang dan malam.

Menurut Catur, mereka perlu tahu bahwa Kotabaru bagian dari Indonesia yang perlu diamankan, terlebih di sebelah timur wilayah Kotabaru ada Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II yang mereka wajib tahu dan untuk dijaganya.

"Kita juga berharap kepada pemuda Kotabaru ikut menjaga wilayahnya, khususnya laut Kotabaru dengan baik, karena Alki II menjadi alur yang bebas dilintasi kapal-kapal dari negara luar," terangnya.

Oleh karenanya, lanjut dia, kita memberi pelajaran kepada mereka bagaimana menyikapi apabila ada kegiatan yang dilakukan oleh negara lain di alur tersebut.

Catur menambahkan, rencananya KRI Ki Hajar Dewantara yang membawa 41 taruna dan 85 personil Angkatan Laut itu akan melakukan bhakti sosial di Kotabaru.

Usai melakukan bhakti sosial, KRI Ki Hajar Dewantara akan melanjutkan pelayarannya ke Benoa, Bali, dan dilanjutkan ke Surabaya.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016